RWB Lahirkan Tozoku di Markas Engine+ Motorsport

10 August 2024 | 9:30 pm | Ifan Ramadhana

Setelah absen selama beberapa tahun karena pandemi, tuner legendaris Akira Nakai, pendiri RAUH-Welt Begriff (RWB), kembali lagi ke Indonesia untuk mengerjakan salah satu karyanya yaitu RWB Tozoku. Tuner Porsche dari Jepang ini menyulap Porsche 911 Cabriolet di markas Engine+ Motorsport, Jakarta pada tanggal 6 dan 7 Agustus 2024.

RWB didirikan pada tahun 1997 di Jepang. RAUH-Welt Begriff yang berarti ‘rough world concept’ dikenal sebagai produsen body kit Porsche, dengan ciri khas fender lebar. Nakai mulai memodifikasi Porsche ketika pada akhir era 1990an, ketika sebuah Porsche 911 Turbo dalam kondisi ringsek, datang ke bengkelnya.

Diawali oleh Stella Artois

Akhirnya Nakai membeli mobil itu dan memodifikasinya. Mobil tersebut kemudian diberi nama Stella Artois yang diambil dari minuman favorit Nakai. Awalnya modifikasi Nakai pun banyak menuai kritik terutama dari kaum puritan Porsche, namun tidak sedikit yang menyukai karya Nakai. 

Karyanya mulai dilirik secara global setelah Speedhunters meliput Nakai dan beberapa mobil RWB. Nama RWB kemudian dikenal di seluruh dunia. Menurut situs resmi RWB, tercatat ada 13 dealer RWB di seluruh dunia, salah satunya di Indonesia.

Minum air kelapa segar

Indonesia sendiri memiliki RWB pertama pada tahun 2014 lalu, jika ditotal maka ada 10 unit RWB di Indonesia. Termasuk saat ini lahirnya Tozoku dan tiga unit RWB lainnya. Dua unit di Ivan’s Motor dan satu unit lagi di Surabaya. 

Baca juga :  Ini Dua Mobil Mewah Zeekr Yang Akan Ada di Indonesia

Setiap pemasangan body kit RWB harus dilakukan oleh Nakai sendiri. Seperti biasa, minuman soda dan rokok tentu menjadi ‘sesajen’ khas untuk Nakai. Uniknya saat menggarap Tozoku, Nakai tak bosan-bosannya menikmati air kelapa segar.

Penampilannya lebih kalem

Tozoku yang menjadi RWB terbaru di Indonesia tampil lebih kalem. Body mobil dilabur warna kuning. Tozoku menggunakan velg Work Meister berukuran 18 inci dengan lebar 10 inci di depan, dan 11,5 inci di belakang. Keempat velg dibalut ban Michelin Pilot Sport.

Interior mobil dibungkus ulang dengan paduan bahan kulit dan kain tartan. Selain itu, dipasang jok Recaro dan head unit PCCM. Mesin mobil dibangun oleh Engine+ dan dilakukan modifikasi seperti penggunaan exhaust CarGraphic. Sedangkan sokbreker memakai Bilstein dan rem masih menggunakan spesifikasi asli.

Selama dua hari Nakai melakukan proses pemasangan yang dibantu staf Engine+. Mulai dari pemotongan fender asli, fitting bodykit, pemasangan rivet fender, pengaplikasian sealant, hingga setting kaki-kaki. Sebagai tahap terakhir adalah pemasangan sticker RAUH-Welt di kaca, serta plate yang menandakan mobil ini telah resmi menjadi RWB.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x