Salon Rétromobile 2023, Dihadiri Sederet Mobil Balap Le Mans Ikonik

7 February 2023 | 7:05 pm | Rizky Dermawan

Event pameran mobil klasik dan eksotis Salon Rétromobile sukses dihelat di Paris, 1-5 Februari 2023. Ribuan pengunjung dari seantero Prancis dan Eropa datang mengunjungi gedung Paris Expo di Porte de Versailles, Paris.

Aura Balap Le Mans Yang Kental

Tahun ini bertepatan dengan seabad balap ketahanan paling melegenda, 24 Heures du Mans atau dikenal dengan sebutan 24 Hours of Le Mans. Berbagai model mobil balap yang pernah merasakan siksaan pacu selama 24 jam di sirkuit La Sarthe, Le Mans pun dipamerkan di Salon Rétromobile.

Di booth pameran dari gallery mobil klasik Ascott Collection tampil sederet mobil balap Le Mans era ’90an. Sepasang mobil balap Group C dari pabrikan asal Jepang yakni Nissan R90CP dan R90CK berhasil menyita perhatian pengunjung. Mobil balap bermesin 1.118 HP ini mampu melesat hingga 400 km/jam! Nissan R90CK bahkan tercatat sebagai mobil balap bertenaga paling brutal yang berlaga di Le Mans saat itu… Hingga saat ini.

Mobil balap lainnya dari Ascott adalah Morgan LMP2 yang berjuluk ‘Traffic Sign Car’. Mobil ini diproduksi pada tahun 2012 bertepatan dengan perayaan 90 Tahun balap ketahanan 24 Hours of Le Mans.

Livery pada body mobil balap milik tim OAK Racing ini digarap oleh seniman perupa asal Prancis, Fernando Costa. Gambar mural yang ditorehkan pada body Morgan LMP2 terinspirasi dari lampu traffic light di jalan raya dan adegan hiruk pikuk di sirkuit balap. Sementara, galeri dan dealer mobil klasik Art & Revs dari Luxembourg pun tampil dengan koleksi yang tak kalah dahsyat.

Baca juga :  Jeep Wagoneer S, Mobil Listrik Baru Di Tengah Surutnya Minat

Sepasang mobil balap Le Mans Audi R10 & R18 LMP1, dengan nomor #1 pada body keduanya. Ya, kedua mobil ini merupakan jawara penakluk sirkuit La Sarthe. Mobil balap tim pabrikan Toyota 92CV yang berlaga tiga tahun berturut-turut di Le Mans pada tahun 1992 hingga 1994 pun turut dipamerkan.

Dari pabrikan otomotif asal Amerika Serikat, mobil balap Dodge Viper berlivery ORECA PlayStation dipamerkan sejajar dengan mobil balap Pratt & Miller-Chevy Corvette C5R yang menjuarai balap Le Mans. Veteran balap Le Mans dari Inggris, Jaguar XJR-14 yang ditampilkan pun mengundang decak kagum para pengunjung.

Ada Porsche 917 

Masih banyak lagi sederet mobil balap dari berbagai kelas dan kategori yang pernah mencicipi siksaan lahir bathin di Le Mans. Bahkan mobil prototype Toyota GT-One yang dibuat khusus untuk ajang balap kelas GT1 di Le Mans pada era ’90an akhirnya dipamerkan. Porsche 917K “Gulf” yang tampil dalam film ‘Le Mans’ diperankan Steve McQueen di tahun 1972 menjadi salah satu bintang pameran.

Para pecinta mobil balap Le Mans pada event Paris Rétromobile tahun ini nampaknya sangat puas. Sebuah momen napak tilas seabad balap Le Mans yang sangat mengesankan dan istimewa. Happy 100th Anniversary 24 Hours of Le Mans…

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x