class="post-template-default single single-post postid-19578 single-format-standard essb-8.5 aa-prefix-motom-">

Seunik Apa Kualitas Sistem Audio Mitsubishi XForce?

16 August 2023 | 3:14 pm | Rizky Dermawan

Tak hanya desain tampilannya yang unik. Sistem audio yang digunakan Mitsubishi Force ternyata berbeda dari yang digunakan pada model Mitsubishi sebelumnya. Kami pun penasaran ingin tahu lebih banyak tentang perangkat pemanja telinga yang dibekalkan pada XForce.

Yamaha Merambah Sistem Audio Otomotif

Sistem tata suara terbaru Dynamic Sound Yamaha Premium jadi pilihan Mitsubishi Motors untuk diaplikasikan pada XForce.

Alasannya karena produk lansiran Yamaha tersebut kualitas duplikasi suara alat musik yang dihasilkan nyaris sempurna dan berkarakter. Tak perlu heran, Yamaha sangat tenar di kancah industri alat musik dunia.

Ternyata ekspansi ke industri sistem audio otomotif merupakan bagian dari visi “Make Waves 2.0” produsen teknologi audio dan alat musik tersebut. Pengalaman yang dimiliki Yamaha Corp. jadi modal yang sangat penting.

Sistem Audio Adaptif

Pengaturan menu dan setting sistem audio dilakukan dari layar sentuh digital 12.3 inci pada dashboard.

Ada empat menu preset equalizer yang dapat dipilih dengan karakter output suara yang berbeda, yakni Relaxing, Lively, Signature, dan Powerful.

Untuk musik yang lebih menonjolkan kualitas vokal penyanyi, maka menu Lively sangatlah cocok.

Sedangkan menu Signature sangat pas untuk jenis musik klasik, jazz atau blues yang dominan dengan irama permainan alat musik yang memiliki karakter suara unik dan khas.

Untuk menikmati alunan menghentak seperti musik rock, hip hop dan disko, menu Powerful akan menghadirkan dentuman bass yang dominan ala konser musik.

Sementara dengan menu Relaxing, irama lagu atau musik instrumental yang kalem akan menghanyutkan suasana perjalanan jadi lebih santai.

Nah, ternyata sistem audio ini telah berteknologi audio adaptif. Volume dan kualitas suara yang dihasilkan 8 buah speakernya akan menyesuaikan dengan kecepatan kendaraan.

Fitur bernama Speed Compensated Volume atau SVC ini akan melakukan koreksi output suara secara halus pada setiap rentang frekuensi sesuai kebisingan yang dihasilkan kecepatan berkendara. Kualitas output suara yang dihasilkan pun tetap optimal.

Konstruksi Akustik Penentu Kualitas Suara

Konstruksi akustik dan perangkat speaker jadi kunci utama dalam menghasilkan kualitas suara yang optimal dan jernih. Kekedapan kabin pun turut berpengaruh pada output suara yang terdengar.

Tomokazu Hikida selaku Sound Master Yamaha Corp. menjelaskan bahwa konstruksi perangkat audio yang digunakan dirancang khusus agar dapat menghasilkan output suara yang jernih.

Perangkat tweeter penghasil suara frekuensi tinggi dilengkapi membran diafragma berbahan sutra.

Sementara pada subwoofer dirancang dapat menduplikasi suara bass dengan frekuensi hingga 2.4 kali lebih rendah dari perangkat sejenis yang ada di pasaran.

Untuk menghasilkan dentuman gema suara bass yang optimal, magnet yang digunakan ukurannya lebih besar dan tebal. Kumparan koil 4 lapis yang dipasang menggunakan kawat tembaga berukuran lebih tebal.

Kabel berkualitas terbaik

Noise atau gangguan suara akibat adanya hambatan hantaran arus listrik diantisipasi dengan kabel dan kawat tembaga berkualitas terbaik.

Demikian pula halnya dengan kualitas akustik dan kekedapan kabin pada XForce, Hiroshi Sugiyama selaku Chief Technology Engineer Mitsubishi Motors Corporation telah melakukan beberapa inovasi.

Guncangan pada speaker saat tengah melintasi trek semi off-road atau permukaan jalan yang buruk sangat berpengaruh pada output suara.

Dudukan speaker yang berada di bagian dalam rongga pintu XForce pun diperkuat untuk meredam guncangan pada speaker.

Kekedapan kabin pun ditingkatkan dengan menutup celah pada rangka pintu dan jendela. Kualitas akustik dan kekedapan kabin pun jadi lebih baik berkat penambahan lapisan peredam pada interior kabin.

Andai saja sistem audio ini tedapat pada kedua varian XForce. Bukan hanya pada varian tertinggi Ultimate CVT yang dibanderol Rp 412,9 juta.

3 4 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x