Shoichiro Toyoda Berpulang di Usia 97 Tahun

14 February 2023 | 8:25 pm | Aldi Prihaditama

Shoichiro Toyoda, Honorary Chairman dari Toyota Motor Corporation, yang juga ayah dari Akio Toyoda, wafat pada hari ini (14/02). Beliau dikabarkan berpulang akibat gagal fungsi jantung di usianya yang sudah 97 tahun. Shoichiro merupakan generasi ketiga dari keluarga Toyoda yang menjalankan bisnis selama bertahun-tahun.

Dikenal sebagai sosok gigih dan sukses menerapkan manajemen kontrol kualitas terhadap setiap pekerjaan maupun produk yang dihasilkan, hal tersebut tentu mampu mengantar nama Toyota menjadi salah satu perusahaan otomotif raksasa di dunia. Shoichiro juga menjadi orang yang sukses mendorong Toyota dalam berevolusi dari perusahaan mesin tenun menjadi pabrik kendaraan.  

Shoichiro Toyoda yang lahir pada tanggal 27 Februari 1925 ini merupakan cucu dari Sakichi Toyoda (pendiri perusahaan Toyota) dan anak dari Kiichiro Toyoda (pendiri Toyota Motor Corporation). Dirinya bergabung di perusahaan ini pada usia 27 tahun. Karirnya pun melesat dari tahun ke tahun, hingga menjabat sebagai Managing Director di tahun 1961. Pria berkacamata ini dikenal sebagai sosok yang amat mengedepankan kualitas produk.

Dirinya lantas menjabat Executive Vice President di tahun 1972 dan menjadi President of Sales Organization pada tahun 1981. Seiring dengan penyatuan Production Organization dan Sales Organization pada tahun 1982, ia lalu memimpin Toyota Motor Corporation. Sejak tahun 1992 hingga 1999, Shoichiro Toyoda bertugas sebagai Chairman of The Board.

Selanjutnya, ia menjadi Honorary Chairman sejak tahun 1999 dan memiliki peran besar dalam upaya Toyota ketika mengembangkan kota masa depan yang terintegrasi dengan pemukiman serta kendaraan listrik. Tak hanya sampai di situ, Shoichiro Toyoda juga dilantik untuk masuk ke jajaran sosok penting dalam dunia otomotif global, pada Automotive Hall of Fame, Amerika Serikat, di tahun 2007.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x