Subaru WRX Resmi Dipasarkan di Indonesia, Hadir di IIMS 2023

16 February 2023 | 2:36 pm | Indra Alfarisy

Subaru Indonesia memberikan kejutan untuk pasar tanah air. Mereka memboyong Subaru WRX, yang diperkenalkan ke publik pada acara IIMS 2023. Tidak hanya dalam bentuk sedan, tapi juga station wagon. Yang terakhir itu, sebetulnya bukan pertama kali di keluarga WRX, tapi di Indonesia, ini perdana dipasarkan secara resmi.

Seperti diketahui, WRX terbaru tidak (belum?) punya varian STi. Tapi beberapa varian sudah dilengkapi teknologi Eye Soght (ES). Tipenya ada WRX MT (transmisi manual), tS ES, Wagon GT-S dan Wagon tS ES.

Yang dimaksud dengan tS adalah Tuned by STI.  Dimana STI memberikan suspensi adaptif, knalpot khusus racikan mereka dan setir STI.

Mesin yang diusung seperti biasa, empat silinder dengan konfigurasi flat four (boxer). Kapasitasnya 2,4 liter lengkap dengan turbocharger. Kedua varian memiliki mesin yang serupa, dengan tenaga 271 hp. Torsinya menyentuh 350 Nm pada 4.800 rpm.

Subaru WRX indonesia

Transmisi 6-speed manual atau CVT menjadi peranti penerus daya ke keempat roda. CVT ini bukan sembarangan karena punya prinsip menggerakan torque converter yang berbeda dari CVT konvensional. Namanya Subaru Performance Transmission (SPT). Detailnya akan kami bahas nanti.

Seperti dikatakan tadi, Subaru WRX dibekali penggerak empat roda. Ini adalah bagian dari SPT, dengan kemampuan membagi torsi ke roda yang membutuhkan.

Baca juga :  Purnajual Tiggo 5X Diklaim Sudah Siap di Seluruh Dealer Chery

Kabin 

Desain dashboard-nya terlihat rumit dengan model bertumpuk. Aksen jahitan merah menambah suasana sporty, sesuai dengan tema utama mobil ini. Layar multimedia diposisikan vertikal terlihat unik dan dominan. Mayoritas pengaturan kenyamanan dikendalikan dari layar ini. Yang menarik perhatian kami, tombol start-stop yang berada di kanan setir terlihat familiar. Kemungkinan diambil dari milik Toyota.

Subaru WRX interior

Kursinya didesain untuk mendukung posisi duduk yang nyaman sekaligus meminimalisir pergerakan badan saat bermanuver ekstrim. Secara keseluruhan, kualitas kabinnya bisa diacungi jempol. 

Desain Body

Seperti biasa, yang namanya WRX pasti desain untuk menyuarakan kemampuannya. Itulah kenapa banyak lekukan tegas di mobil ini. Meski kami kurang suka dengan over fender warna hitam, tapi kehadirannya menegaskan ini mobil bisa berjalan kencang di rute non aspal.

Airscoop di kap mesin juga bukan cuma hiasan. Ini berguna untuk mendinginkan intercooler turbo. Bagian grille berbentuk hexagonal memiliki dua motif berbeda untuk WRX dan WRX wagon. Yang sedan dibekali grill bermotif honeycomb, versi wagon terlihat lebih biasa. Perbedaan juga terlihat di bemper depan. WRX punya air dam yang lebih besar ketimbang WRX Wagon.

WRX sedan dan wagon

Selain itu tentu berbeda di belakang. WRX wagon yang berbasis Subaru Levorg memiliki desain lampu yang lebih mengotak. Kapasitas angkut barang sudah pasti berbeda. Wagon punya kemampuan angkut yang lebih besar.

Baca juga :  Puluhan Tim Mau Riuhkan Mandalika di Shell Eco-marathon 2024

Jumlah lubang knalpot juga berlainan. Versi sedan ada empat di bawah pojokan bemper. Untuk wagon hanya sepasang. Entah kenapa, padahal mesinnya sama.

Kalau Anda minat, kedua mobil ini sudah bisa dipesan di dealer Subaru Indonesia. Harga OTR-nya ada di bawah ini. 

  • WRX MT – 849,500,000
  • WRX tS ES – 949,500,000
  • WRX Wagon GT-S – 975,500,000
  • WRX Wagon tS ES – 1,029,500,000
0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x