Suzuki Burgman Street 125EX, Skutik Entry-level Untuk Pasar Eropa

31 October 2022 | 3:07 pm | Rizky Dermawan

Di Indonesia meluncur Avenis, Eropa dapat Suzuki Burgman Street 125EX baru!

Jika Anda cukup familiar dengan skutik besar dari Suzuki yakni Burgman 400, nah kini hadir versi mininya, Suzuki Burgman Street 125EX. Skutik kelas entry level di kawasan Eropa ini mengusung karakter desain dari Burgman 400. Hanya saja, kapasitas mesin yang diusung cuma sepertiganya.

Tampilan body Suzuki Burgman Street 125 spek Eropa ini tak berbeda dari Burgman 125 yang dipasarkan di India dan negara lain di kawasan Asia. Headlamp, lampu sein dan lampu belakang menggunakan LED.

Posisi duduk pembonceng pada jok bagian belakang sedikit lebih tinggi dari posisi duduk rider. Pijakan kaki belakang pun dapat dilipat masuk ke dalam body. Desain jok dibuat melengkung sesuai ergonomi tubuh untuk menghasilkan posisi duduk yang lebih nyaman.

Dek Rata, Jok Rendah

Dek tengah yang rata dan cukup lapang dengan dua posisi pijakan kaki bagi rider dirancang untuk meningkatkan kenyamanan berkendara, baik saat berada di tengah kemacetan lalu lintas dalam kota maupun saat menempuh perjalanan yang cukup jauh.

Untuk ukuran tubuh orang Eropa yang rata-rata bertubuh jangkung dengan tinggi badan di atas 170 cm, ground clearance yang di angka 160 mm, dan tinggi jok 780 mm terbilang rendah. Untuk pembonceng berpostur jangkung dengan kaki jenjang, posisi kakinya pun akan terlihat sedikit ‘nangkring’ dengan lutut yang terlalu menekuk ke dalam.

Baca juga :  Kia Carnival Hybrid Ada di NJKB, Kenapa Tidak Meluncur Hari Ini?

Bahkan dengan body yang terbilang cukup bongsor untuk ukuran skutik 125 cc, penggunaan velg 12-inci dengan balutan ban 90/90 (depan) dan 100/80 (belakang) terlihat kurang imbang dan terkesan sedikit kekecilan.

Sistem pengereman menggunakan cakram 130 mm pada roda depan. Sedangkan pada roda belakang mengunakan rem tromol yang dipadukan dengan combi brake tak berbeda dari Avenis 125.

Fitur Komplit

Kompartemen penyimpanan di bawah jok memiliki volume cukup besar yakni 21,5 liter yang cukup untuk menyimpan sebuah tas jinjing belanjaan atau jaket serta sejumlah perabot dan barang bawaan lainnya.

Fitur lain yang dibekalkan pada skutik ini mulai panel instrument full digital, soket USB, rak bagasi pada bagian buritan serta windshield pada bagian depan menjadi nilai plus yang tak kalah dibandingkan model sejenis.

Meskipun berbasis dari mesin Address dan Avenis, namun varian mesin terbaru Suzuki Eco Performance-Alpha (SEP-A) yang dibekalkan pada Burgman Street 125EX telah mengalami upgrade teknologi.

Output tenaga dari mesin 124 cc SOHC yang diusung Burgman Street 125EX hanya terpaut 0,1 horsepower lebih kecil dibanding Address maupun Avenis yang outputnya 8,58 hp.

Jika tenaga puncak kedua saudaranya dicapai pada putaran mesin yang relatif lebih rendah yakni di 5.500 rpm, daya maksimum Burgman Street 125EX  diraih pada putaran mesin yang lebih tinggi yakni 6.500 rpm. Sedangkan torsi maksimum skutik ini sama seperti Avenis dan Address 125 yakni 10 Nm.

Baca juga :  Mercedes-Benz EQE SUV Meluncur, Siap Diajak Off-road?

Berbekal fitur teknologi Silent Starter System dan Engine Auto Stop-Start (EASS), skutik terbaru ini diklaim lebih irit BBM dan hanya butuh seliter bensin untuk mencapai jarak sejauh 52,6 km. Dengan kapasitas tangki BBM 5,5 liter, skutik ini memiliki jarak jelajah hingga 289 km. Cukup untuk diajak touring antar kota.

Untuk saat ini Suzuki belum merilis berapa harga jual skutik ini di kawasan Eropa. Setidaknya Kami akan segera mengetahuinya menjelang kehadiran Burgman Street 125EX di jaringan dealer Suzuki kawasan Eropa awal tahun depan.

 

 

 

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x