Pameran kendaraan roda dua Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo e Accessori (EICMA) kembali dihelat di Milan, Italia mulai 5 November 2024 lalu.
Ajang ini menjadi momen yang pas bagi Suzuki untuk meluncurkan dua moge 400 cc terbarunya, all-new DR-Z4S dan versi facelift DR-Z4SM. Apa saja hal baru yang ada pada kedua moge ini?
Sasis dan Mesin Baru
Keduanya menggunakan konstruksi frame baja versi terbaru. Tak sebatas racikan materialnya saja yang baru, tapi sejumlah penguatan dan revisi desain dilakukan.
Mesin 4-tak 398 cc DOHC berpendingin radiator yang digunakan pun diupgrade. Mulai dari kubah kop silinder, kem, piston set, kruk-as hingga pipa knalpotnya baru.
Sistem pengendali elektronik yang disebut Suzuki Intelligent Ride versi terbaru jadi fitur utama pada keduanya. Sistem ini mengatur kontrol traksi, mode berkendara dan ABS.
Meskipun basis keduanya secara teknis identik, namun masing-masing punya style yang berbeda. Suzuki DR-Z4S merupakan moge adventure yang bisa melibas aspal maupun trek off-road. Sedangkan DR-Z4SM tampil dengan gaya supermoto.
Agar tampil lebih segar dan memikat, kedua model DR ini tampil dengan gaya desain yang lebih agresif. Sistem lampu LED, layar Instrumen LCD dan suspensi diperbaharui oleh Suzuki. Lalu seperti apa perbedaan spek yang ada pada keduanya?
Suzuki DR-Z4S 2025
Karena DR-Z4S adalah motor petualang yang lebih dominan di trek semi off-road ketimbang jalan aspal, jadi setting suspensi pun disesuaikan.
Garpu depan up-side down adjustable dan suspensi belakang pakai lansiran KYB. Jarak main garpu depan dibuat agak tinggi yakni 280 mm. Sedangkan jarak main swing arm belakang diset agak panjang yakni 296 mm.
Gaya trail yang simple terlihat dari panel bodi yang minimis. Pelek jari-jari berbalut ban pacul IRC GP-410 berukuran 21-inci (depan) dan 18-inci (belakang) bikin gaya penerabas dua alam makin kental.
Suzuki DR-Z4SM 2025
Style petarung jalanan nan agresif yang jadi ciri khas moge supermoto terlihat jelas pada DRZ4SM. Tampilan supermoto ini lebih garang dari saudaranya DR-Z4S.
Suspensi depan dan belakangnya sama seperti DR-Z4S. Hanya settingannya disesuaikan dengan gaya riding ala pelahap aspal.
Jarak main garpu depan yang di angka 260 mm mengesankan gaya riding yang sedikit merunduk. Sedangkan jarak main swing arm belakang di angka 277 mm mengindikasikan setting pada suspensi belakang dibuat lebih keras. Aksi sliding saat melibas tikungan pun dijamin yahud.
Sayang sekali saat ini Suzuki masih belum membuka tuntas info lengkap dari kedua model DR ini. Harga jualnya pun baru akan diumumkan menjelang resmi dipasarkan. Untuk DR-Z4SM akan mulai beredar di Jepang paling cepat April 2025, kemudian disusul DR-Z4S pada Mei 2025.