Team MITSUBISHI RALLIART Sikat Posisi Pertama Di Ajang Balap AXCR 2022

29 November 2022 | 11:11 am | Rizky Dermawan

Setelah mengalami istirahat selama 12 tahun, Mitsubishi Motors kembali terjun ke kancah rally. Tak tanggung-tanggung, ajang balap Asia Cross Country Rally 2022 pun menjadi momen ‘comeback’ dengan mengusung bendera Team Mitsubishi Ralliart.

 

Salah satu event rally terganas di Asia ini menempuh jarak sejauh 1.700 km dari Thailand menuju Kamboja. Laga yang terbagi dalam satu Super Spesial Stage dan lima Special Stage, memiliki ragam tantangan dan tingkat kesulitan yang berbeda.

Seluruh peserta termasuk para kru dan pereli Team MITSUBISHI RALLIART berkumpul di Buriram, Thailand pada 21 November 2022 untuk melakukan persiapan dan scrutineering akhir.

Di hari pertama ini para pereli sudah dihadapkan pada trek Super Special Stage 1 (SSS1) yang menantang. Catatan waktu tercepat di babak ini menjadi penentu posisi start pada laga yang sebenarnya yakni Special Stage 2 (SS 2) di Leg 1 yang baru dimulai pada 22 November 2022.

Leg 1: 22 November 2022

Pihak penyelenggara nampaknya memang penuh kejutan. Peta rute Special Stage 2 (SS 2) yang akan dilintasi oleh para peserta baru diberikan beberapa jam menjelang start.

Seluruh peserta pun, termasuk pereli Team MITSUBISHI RALLIART, Chayapon Yotha dengan Mitsubishi Triton Rally Car nomor 105 dan Rifat Sungkar yang nomor 118, dihadapkan pada rute offroad menantang sejauh 430,63 km!

Baca juga :  Puluhan Tim Mau Riuhkan Mandalika di Shell Eco-marathon 2024

Meskipun sempat mengalami pecah ban dan melorot ke posisi belakang, Rifat Sungkar dapat terus melanjutkan tantangan di SS 2 dan berjibaku menaklukkannya hingga finish. Sementara pereli asal Thailand, Chayapon Yotha berhasil menempati posisi terdepan. 

Leg 2 : 23 November 2022

Tantangan masih terus berlanjut bagi kedua Mitsubishi Triton Rally Car. SS 3 di leg kedua yang jarak tempuhnya 335,66 km jauh lebih greget dan tak kalah menantang dari SS 2 sebelumnya.

Chayapon Yotha memacu Mitsubishi Triton Rally Car #105 besutannya meninggalkan kompetitor lainnya dan berhasil mempertahankan posisinya di urutan teratas klasemen. Demikian pula dengan Rifat Sungkar yang berhasil memperbaiki posisinya.

Leg 3 : 24 November 2022

Meskipun cuaca tak bersahabat dengan kondisi hujan deras disertai angin kencang, pertarungan pada leg ketiga terus berlanjut.

Kedua pereli tetap yakin pada kemampuan Mitsubishi Triton Rally Car dan terus menerabas trek berlumpur melintasi hutan tropis di SS 4.

Bagaikan judul lagu dari Marilyn Manson, “Long Hard Road Out Of Hell”, Rifat Sungkar berhasil finish di urutan 4 menaklukkan rute ganas SS 4 sejauh 227,50 km. Luar biasa! Posisi teratas tetap dipertahankan oleh Chayapon Yotha.

Leg 4 : 25 November 2022

Rute Special Stage 5 pada leg keempat tak terlampau jauh, hanya 92,7 km. Trek dan cuaca yang cukup bersahabat membuat para peserta kali ini dapat memacu kencang mobil mereka. Chayapon Yotha tetap berada di posisi 1 dan Rifat Sungkar pun mempertahankan posisinya di urutan 4.

Baca juga :  Indonesia Jadi Basis Rantai Pasok Mobil Listrik GAC Aion Untuk Global

Leg 5 : 26 November 2022

Para peserta berhasil menembus rute SS 5 di perbatasan antara Negeri Gajah Putih dan Negeri 1000 Pagoda. Pada leg kelima yang merupakan babak akhir Asia Cross Country Rally 2022 berlangsung di wilayah Siem Reap, Kamboja. Tantangan terakhir SS 6 yang berlokasi tak jauh dari situs Angkor Wat. Jarak tempuhnya memang hanya 48 km tapi jauh lebih menantang.

Mitsubishi Triton Rally Car #105 Team MITSUBISHI RALLIART berhasil unggul 8 menit dari para peserta lainnya. Dengan total waktu 8:22:42 jam, Chayapon Yotha pun dinobatkan sebagai juara Asia Cross Country Rally 2022.

Sementara pereli Indonesia, Rifat Sungkar berhasil memacu Mitsubishi Triton Rally Car #118 besutannya dan finish di urutan kelima yang sekaligus menempatkannya pada posisi 5 klasemen akhir peserta.

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x