The New Audi Q5 Makin Tonjolkan Identitas SUV Q Series

12 September 2022 | 2:14 pm | Aldi Prihaditama

Perubahan minor, membuat Audi Q5 semakin tegas sebagai bagian dari keluarga Q series.

PT Garuda Mataram Motor, Agen Pemegang Merek Audi di Indonesia, sempat memperkenalkan Audi Q7 generasi terbaru pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 silam. Hanya berselang satu bulan saja, pabrikan asal Jerman ini kembali menampilkan anggota keluarga terbaru dari jajaran produk Sport Utility Vehicle (SUV), yaitu Audi Q5.

Audi Q5 yang merupakan Product Improvement (PI) dari model sebelumnya. Medium SUV unggulan Audi ini tampil di acara BCA Expo Hybrid 2022, yang digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) – Bumi Serpong Damai (BSD) City, Tangerang Selatan, 9 hingga 11 September 2022 silam.

Audi Q5 merupakan salah satu SUV terlaris di Eropa di segmen Premium Medium SUV. Perubahan pada desain eksterior Q5, semakin mempertegas identitasnya sebagai Q series Audi, dengan kesan yang bertenaga, kokoh, memperhatikan aspek keselamatan berkendara.

Grille segi delapan single-frame tampil lebih lebar dibanding sebelumnya. Bagian atas lampu LED menghadirkan desain baru lampu daytime running lights (DRL) yang khas. Pada bagian bodi samping, kami melihat Audi Q5 kini memiliki ground clearance yang lebih tinggi. Sedangkan di bagian belakang, elemen trim baru di antara lampu belakang, termasuk aksen horizontal pada difusser di bumper bagian bawah.

Baca juga :  Mini Cooper S 2-Door Siap Dipasarkan Mulai Mei 2024

Konsumen di Indonesia akan mendapatkan lampu depan dan belakang LED sebagai kelengkapan standar Audi Q5 ini. Namun, tersedia juga opsi lampu depan Matrix LED dan lampu belakang OLED yang untuk pertama kali digunakan pada Audi Q5. Lampu belakang OLED ini menyuguhkan penerangan lampu belakang yang sangat merata dan sangat efisien.

Garis horizontal yang tegas pada desain interior menyuguhkan kesan kabin yang lapang. Terdapat garis yang seolah memisahkan bagian dashboard bagian atas dan bawah, dengan titik fokus utama hadir pada layar sentuh MMI. Tombol putar sebagai pusat pengaturan di tengah konsol kini telah digantikan oleh ruang penyimpanan yang luas.

Audi Q5 ini memiliki dua aksen warna interior, yakni hitam dan Okapi Brown. Jok model sport menjadi kelengkapan standar, dibalut material kombinasi kulit dan microfiber Dinamica Frequenz yang dengan embos berbentuk S. Aksen dashboard dan trim pintu memiliki warna Matte Brushed Aluminium. Ditambah lagi setir sport 3-spoke flat-bottom yang dilapis bahan kulit dengan tombol multifungsi.

Dari sisi dimensi, Audi Q5 nampaknya semakin bongsor. Penambahan panjangnya mencapai 19 mm menjadi 4.680 mm terutama karena bumpernya yang semakin besar. Ruang bagasinya mampu mengakomodir kapasitas penyimpanan antara 520 hingga 1.520 liter. Pintu bagasinya pun dapat beroperasi secara elektrik.

Sistem infotainment Audi Q5 kini telah menggunakan Modular Infotainment Platform generasi ketiga (MIB 3). Selain itu, rasanya SUV ini memiliki segudang teknologi canggih. Sebab dilengkapi dengan Audi virtual cockpit plus dengan layar digital 12,3 inci yang memiliki tiga grafis pilihan. Lebih lanjut, bagian tengah dashboard ada layar sentuh MMI berukuran 10.1 inci yang memiliki sistem operasi terbaru. Sistem infotainment ini juga didukung perangkat audio lansiran Bang & Olufsen Premium Sound System dengan kualitas 3D sound.

Baca juga :  All New Infiniti QX80 Meluncur Berbekal Raga Baru, Jiwa Sama

Prestasi 0-100 km/jam cukup 6,1 detik

Bicara urusan mesin, terdapat jantung mekanis berbahan bakar bensin 4 silinder 2.0 liter TFSI, yang dipadu dengan transmisi S tronic 7-speed dan sistem penggerak empat roda permanen quattro. Tenaga puncak mencapai 245 hp dan torsi maksimal 370 Nm, kedua prestasi ini memungkinkannya mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam tempo 6,1 detik saja.

Selain suspensi multilink di depan dan belakang memiliki bobot yang amat ringan, sehingga tak hanya memberikan pengendalian yang mentap, namun juga efisiensi. Selain suspensi standar tersebut, konsumen juga dapat memilih opsi suspensi dengan damper control atau adaptive air suspension.

Tersedia enam pilihan warna eksterior, yaitu Ibis White, Daytona Gray Pearl Effect, District Green Metallic, Floret Silver Metallic, Mythos Black Metallic dan Ultra Blue. Audi Q5 ini dibanderol dengan harga Rp 1,311 milyar, tapi angka tersebut masih dalam kondisi off-the-road ya… Audi Q5 dilengkapi juga dengan layanan gratis servis selama 3 tahun  atau hingga 90.000 km, 3 tahun garansi pabrikan + 1 tahun tambahan warranty atau hingga 100.000 km.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x