Toyota Agya 2023 Terkuak!

13 February 2023 | 2:00 pm | Indra Alfarisy

Toyota Astra Motor akhirnya resmi memperkenalkan Toyota Agya 2023. Selubung penutup mobil baru ini terkuak di Jakarta, 13 Februari 2023. Hadir dalam dua varian, Agya GR Sport dan Agya. Karena ini menggunakan platform baru, maka jangan kaget kalau perubahannya total.

Toyota Agya merupakan produk kembar tiga yang dihadirkan oleh Toyota, Daihatsu dan Perodua (Axia). Di luar kebiasaan, Toyota dan Daihatsu tidak meluncurkannya secara bersamaan. Yang beda adalah transmisi yang menggunakan CVT. Dengan transmisi ini, tentu Toyota Agya akan lebih efisien dalam menghabiskan BBM.

Mesinnya juga baru. Berkode WA-VE, ini serupa dengan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Konfigurasinya 3-silinder berkapasitas 1,2 liter. Tenaganya 86,7 hp pada 6.000 rpm. Torsinya memuncak di 4.500 rpm sebesar 113 Nm. 

Selain itu, dimensi Toyota Agya 2023 juga dipastikan berkembang. Kabinnya jadi lebih lega dan punya daya tampung yang mumpuni. Fitur eksterior dibekali lampu LED di depan dan belakang, tanpa DRL.

Kabin Agya juga tidak diperlihatkan . Namun dari presentasi terlihat berubah total, paling kentara tentu di dashboard. Pada varian GR Sport, memiliki banyak fitur unggulan. Sebab ada Special Ornament Color berwarna Dark Silver dan bahan joknya berjenis Tricot yang tidak licin saat diduduki. Sedangkan instrument cluster TFT 7 inci dengan format digital, mungkin akan perlu pembiasaan dulu. Yang penting, tetap mudah dilihat.

Baca juga :  Ducati Monster Senna, Mengenang 30 Tahun Tragedi Legenda F1

Tombol start stop kini pindah ke kiri, seperti Toyota yang lain. Pengaturan AC tentunya sudah digital. Setir Toyota Agya GR Sport tak hanya terlihat tebal saja, namun juga dibalut dengan jahitan beraksen merah serta logo GR. Selain itu, tongkat transmisi dibalut dengan material kulit dan jahitan berwarna merah pula. 

Kalau tertarik, maaf sekali jika Anda belum bisa memesannya sekarang di dealer Toyota terdekat. Sebab Toyota memang belum menjual Agya teranyar ini. Diperkirakan bulan Maret akan dipasarkan. Jika saja nanti sudah tersedia di dealer Toyota, kami yakin kalau indennya akan panjang…  

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x