Toyota Celica Next Gen Siap Hadir Berpenggerak AWD, 390 HP.

19 August 2024 | 4:20 pm | Indra Alfarisy

Pengguna mesin empat silinder terbaru buatan Toyota makin banyak yang terungkap. Setelah Harrier, kini diberitakan Toyota Celica akan segera hadir dengan penggerak versi 2,0 liter turbo.

Dan tidak perlu menunggu lama. Menurut situs BestCar, Celica paling cepat dihadirkan pada Tokyo Auto Salon tahun depan. Selain output sekitar 390-an hp dan torsi 550 Nm, sports car ini akan dibekali gerak empat roda GR-Four seperti yang terpasang pada GR Corolla dan Yaris. Sebagai penerus daya, akan tersedia versi 6-speed manual atau 8-speed DAT.

Toyota CElica di WRC

Konfigurasi mesin dan penggunaan gerak empat roda ini langsung mengingatkan pada kiprah Celica GT-Four (ST165) tahun 1986, yang dibekali gerak AWD. Diturunkan langsung di kancah World Rally Championship (WRC), untuk membuktikan kehandalan mobil, khususnya sistem gerak empat roda.

Tidak kalah menarik, Toyota Celica mendatang akan menyasar segmen atas. Ini bukan hal baru karena kalau Anda perhatikan, mobil ini targetnya memang menengah ke atas. Versi produksi Celica ST125 yang dipasarkan pada 1986, dijual dengan harga setara tiga juta yen saat itu. Menyesuaikan dengan inflasi, setara delapan juta yen dengan nilai saat ini.

Meski tidak diberitakan, tapi sepertinya divisi Toyota GR juga akan punya campur tangan di mobil ini. Tentunya, mereka memerlukan satu produk coupe tulen, yang dibuat oleh Toyota/GR sendiri. Tanpa campur tangan pabrikan lain. Apalagi mesin baru Toyota diklaim akan jadi ‘game changer’ di kancah otomotif global. Kita tunggu saja update-nya.

Baca juga :  Toyota Starlet Akan Hidup Kembali, Ada Versi GR!

Sumber: BestCar

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x