Toyota Corolla FX Special Edition, Pemanasan Jelang Corolla Baru

7 June 2024 | 2:12 pm | Rizky Dermawan

Menjelang pertengahan tahun, Toyota kembali menambahkan satu varian baru Corolla untuk model tahun 2025.

Model terbaru berlabel Toyota Corolla FX Special Edition yang diperkenalkan ini meminjam label “FX” yang digunakan pada salah satu model Corolla di era ’80an.

Mobil Nostalgia

Toyota Corolla FX16 muncul pertamakali di tahun 1987 dan merupakan salah satu model ikonik. Versi hatchback dari Corolla ini menjembatani alih teknologi mesin compact 4-silinder DOHC Toyota ke General Motors (GM).

Saat itu GM merebadged Corolla FX di bawah bendera Chevrolet dengan nama Chevy Nova.

Hanya saja, Corolla FX Special Edition yang dibuat Toyota kali ini bukanlah hatchback seperti FX16 yabg modelnya mirip Starlet GT. Tapi basis yang digunakan adalah Corolla sedan.

Untuk membedakannya dari Corolla sedan biasa, tampilan Corolla FX dikemas khusus dengan sejumlah ciri khas pembeda.

Agar tampilan depan lebih terlihat garang dan agresif, bumper depan diadopsi dari Corolla SE dan Nightshade. Jadi para teknisi Toyota tak perlu repot bikin desain baru.

Pelek alloy 18-inci berkelir satin black dengan aksen warna metal yang kontras pada tepian kembangan pelek. Desainnya beda dari pelek Corolla sedan biasa. Dari kejauhan, kembangan pelek terlihat bagai 7 kelopak bunga yang sedang mekar. Pada bagian buritan pun tersemat spoiler ala Corolla GT twin-cam AE90.

Baca juga :  Main Tanah Anti Deg-degan Bareng Subaru S-AWD dan X-Mode

Biar tongkrongan makin terlihat sporty, Toyota menurunkan ketinggian pegas suspensi agar pelek pas di ruang roda. Setting electric power steering pun diramu ulang untuk menyesuaikan ubahan pada suspensi. Tentunya handling kemudi jadi lebih stabil. Nah, makin kental aura retronya bukan?

Untuk tampilan eksterior, tersedia tiga opsi warna yakni Midnight Black Metallic, buansa putih Ice Cap, dan Underground bernuansa kelabu. Laburan warna hitam menghiasi atap, spion dan emblem.

Layar Display Lebih Lega

Tak lengkap rasanya jika area interior belum tersentuh sama sekali. Agar konsumen kian greget, maka layar head unit dashboard pun dipensiunkan.

Layar touchscreen penampil fitur infotaintment standar berukuran 8.0-inci diganti dengan versi baru berukuran 10.5-inci.

Performa Standar

Ternyata Corolla FX jadi yang pertama menggunakan layar baru ini. Sedan ini pun dibekali layar instrumen digital 7-inci serta wireless charging pad. Untuk fitur keselamatan terpadu sudah menggunakan sistem ADAS Toyota Safety Sense 3.0 terbaru.

Untuk mesin, Toyota Corolla FX tetap dengan versi 4-silinder 2.0-liter DOHC 16-valve tanpa imbuhan turbo maupun modul hybrid. Layaknya Corolla yang bukan GR. Performanya pun tetap standar alias tak mengalami upgrade.

Output tenaga tetap 169 hp dengan torsi maksimum 205 Nm. Transmisi juga tetap versi CVT. Hanya saja, perihal harga jual untuk saat ini belum diumumkan.

 

Baca juga :  Lima Hal Yang Patut Diketahui Soal AION Y Plus

Di Indonesia, Toyota Corolla hadir dalam dua varian. Yang pertama Corolla Altis HEV dengan harga Rp 629.200.000. Satunya, Altis bermesin konvensional seharga Rp 575.100.000. Banderol keduanya bersifat OTR Jakarta. 

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x