Toyota Crown Sedan FCEV Tampil Perdana Di Sirkuit Fuji

3 June 2023 | 1:04 pm | Rizky Dermawan

Launching model mobil terbaru di pameran otomotif atau dalam sebuah pesta gala tentunya merupakan hal yang umum dilakukan sejak lama.

Namun lain halnya dengan Crown Sedan FCEV yang baru saja diperkenalkan oleh Toyota pada akhir pekan lalu. Kemunculan varian bertenaga hidrogen dari Crown Sedan generasi ke-16 ini bagai sebuah kejutan. Karena berlangsung di sela kejuaraan balap ketahanan Super Taikyu Fuji 24 Hours di sirkuit Fuji, Jepang.

Pada Juli 2022 lalu sebenarnya Toyota telah memperkenalkan tiga varian dari calon generasi terbaru Crown yakni Sport, Estate dan Sedan. Bahkan varian Crown Sedan telah dipamerkan kepada publik di Shanghai Auto Show pada April 2023 lalu. Hanya saja wujudnya masih berupa prototype.

Jadi dapat dikatakan bahwa kemunculan Crown Sedan FCEV di sirkuit Fuji Speedway merupakan ajang perkenalan. Namun entah mengapa Toyota belum mempublikasikan foto momen kemunculan Crown Sedan. Justru yang banyak beredar adalah video dari para YouTuber asal Jepang. Beruntung unggahan foto dari laman berita Carscoops setidaknya sedikit memberi gambaran yang utuh dari mobil tersebut.

Inilah Era Baru Crown Sedan

Jika dibandingkan dengan generasi Crown Sedan terdahulu, tampilannya kini berubah sangat drastis. Siluet body dari depan mengalir ke atap hingga ke belakang terlihat lebih menyerupai sebuah sedan sport.

Baca juga :  Mitsubishi Fuso Hadirkan Produk Unggulan Di GIICOMVEC 2024

Tampilan depan Crown Sedan identik dengan versi SUV yang telah muncul lebih dulu. Aksen chrome, lubang saluran udara berukuran besar pada bagian bawah bumper depan, hingga headlamp LED yang disematkan pun sangat mirip. Velg alloy 20-inci kian membuat anggun tampilan Crown Sedan.

Desain tampilan bagian belakang terlihat jauh berbeda dari generasi sebelumnya. Lampu belakang LED tampil melebar. Bumper belakang klimis tanpa tanpa lubang knalpot. Kaca belakang pun seolah menyatu dengan bagasi belakang. Dan tentu saja emblem FCEV pada fender menjadi penanda khusus.

Interior Mewah dan Modern

Bukanlah sebuah Crown Sedan jika kemasan interiornya tidak tampil mewah dan berkelas. Dan generasi terbaru ini pun tetap mengusung nuansa kemewahan interior sesuai tradisi yang diwariskan sejak tahun 1955.

Balutan kulit pada jok, setir dan panel interior berpadu serasi dengan panel kayu pada dashboard dan konsol tengah. Jangan cari logo Toyota pada interiornya. Karena anda hanya akan menemukan emblem “mahkota” sebagai ciri khas dari jajaran model Crown.

Layout panel dashboard pada Crown Sedan pun tak jauh beda dengan varian Crown Sport. Sepasang layar digital 12.3-inci pada dashboard terpasang dengan tata letak yang sama persis. Setir dengan beragam tombol pada varian sedan ini pun bentuknya sama.

Soal kenyamanan penumpang saat duduk tak perlu dipertanyakan. Kabin terutama ruang kaki tak hanya lapang. Jok penumpang depan akan bergeser secara otomatis ketika tak digunakan. Ruang kaki penumpang belakang pun jadi kian lega.

Baca juga :  Pabrik Kendaraan BYD di Changzhou, Salah Satu Aset Terpenting

Spek Bikin Penasaran

Spek detail adalah pertanyaan pertama yang terlontar setiap kali muncul model mobil terbaru.

Dari segi dimensi, 2024 Crown Sedan FCEV ukurannya sama seperti sedan varian hybrid. Kedua varian dari Crown Sedan ini menggunakan platform TNGA-L yang sama.

Ukuran tinggi body 1.470 mm, lebar body 1.890 mm dan jarak sumbu roda 3.000 mm antara Crown Sedan varian hybrid dengan FCEV sama persis.

Hanya saja panjang bodynya yang berukuran 5.030 mm, lebih mulur sekitar 102 mm dari versi Crown Sport/Crossover.

Perihal spek teknis sistem penggerak baik varian FCEV maupun hybrid masih dirahasiakan. Nampaknya kita harus bersabar menanti…termasuk pula dengan varian Crown Estate.

Namun ada kemungkinan varian FCEV menggunakan teknologi penggerak berbahan bakar sel hidrogen seperti Toyota Mirai generasi kedua.

Menurut rencana, Crown Sedan FCEV akan resmi diluncurkan menjelang akhir tahun ini. Apakah di ajang Tokyo Motor Show Oktober hingga awal November mendatang? 

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x