Toyota Dan Subaru Kolaborasi Lagi Untuk Buat Mobil Listrik

8 October 2024 | 9:04 am | Indra Alfarisy

Toyota dan Subaru kolaborasi pastinya bukan berita baru. Tapi tidak pernah basi. Kabar terkini adalah, Toyota dan Subaru akan membuat produk bersama dalam format mobil listrik berbentuk SUV.

Ini akan jadi produk EV kedua setelah Toyota bZ4X dan Subaru Solterra yang sudah lama dipasarkan. Nama mobil listrik terbaru belum diketahui, tapi bisa dipastikan akan keluar dari lini produksi mulai Januari 2026.

Yang menarik, kalau bZ4X dan Solterra dibuat di pabrik Toyota di Aichi, Jepang, maka Subaru akan kebagian membuat mobil listrik yang baru nantinya, di pabrik Yajima.

Toyota bZ4X

Pangsa pasar yang dibidik adalah Amerika Serikat, Eropa dan untuk pasar domestik Jepang. Namun sepertinya tidak menutup kemungkinan SUV listrik tersebut akan dihadirkan di pasar negara lain. Dikutip dari harian Nikkei, mobil listrik Toyota dan Subaru ini akan dibuat sebanyak 15.000-20.000 unit sebulan.

Toyota dan Subaru juga tidak memerlukan usaha yang terlalu besar untuk membangun mobil listrik terbarunya. Mereka diperkirakan akan menggunakan platform yang sudah ada, lengkap dengan komponen geraknya. Itu kenapa mobilnya bisa siap dipasarkan di awal 2026. Dan seperti di bZ4X dan Solterra, Toyota akan menangani soal chassis, sementara Subaru akan menyumbangkan keahliannya dalam hal gerak AWD.

Karena itu juga, sepertinya pada pertengahan tahun depan, Toyota dan Subaru sudah bisa memperlihatkan wujudnya ke publik.

5 1 vote
Article Rating
Baca juga :  GIIAS Bandung 2024 Suguhkan Teknologi Otomotif Masa Depan

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x