Toyota GR Corolla Facelift Resmi Dipasarkan di Jepang

1 September 2023 | 9:00 am | Rizky Dermawan

Para konsumen di Amerika Serikat beruntung lebih dulu menikmati versi facelift dari Toyota GR Corolla sejak Juni lalu. Kini giliran spek JDM (Japan Domestic Market) resmi dipasarkan di Jepang.

Apakah ada perbedaan dengan versi Amerika sana?

Beda Kawasan, Beda Warna

Sebagai pembeda, Toyota Gazoo Racing memberi ‘tanda’ pada Toyota GR Corolla spek JDM.

Di Amerika tampilan eksterior dikemas dengan baluran warna biru Blue Flame. Sedangkan untuk spek JDM ditawarkan dengan opsi warna Cyan Metallic. Warna ini dipadukan dengan interior hitam plus aksen jahitan biru. Jumlahnya pun sangat terbatas, hanya tersedia sebanyak 50 unit.

Untuk opsi warna standar yakni putih, abu-abu, hitam dan merah tak ada perbedaan.

Upgrade Baut Konstruksi Sasis

Stabilitas dan handling berkendara menjadi faktor penting pada sebuah mobil sport seperti Toyota GR Corolla. Hal tersebut menjadi perhatian utama bagi Toyota Gazoo Racing. Sejumlah revisi pun dilakukan berdasarkan hasil analisa dan input dari para konsumen.

Salah satu komponen yang dibenahi oleh pihak pabrikan adalah mur dan baut. Sepintas terkesan sepele, tapi dapat dibayangkan apa yang akan terjadi jika mur dan baut pada sasis kendor atau bahkan lepas.

Pembenahan titik pemasangan baut sasis dilakukan pada area penyangga suspensi, sistem kemudi dan girbok.

Baca juga :  Indonesia Jadi Basis Perakitan Kedua GAC Aion di ASEAN

Tak hanya desain ulir baut saja yang mengalami ubahan. Kepala baut pun kini dibuat lebih lebar agar dapat mencengkeram lebih kokoh. Baut suspensi belakang bahkan ukurannya lebih besar dan kepala bautnya pun dibuat lebih lebar dari baut lainnya yang terpasang di area sasis.

Material dan desain yang kualitasnya lebih bagus. Pemasangannya pun kini jauh lebih kuat dan ketat agar tidak mudah kendor.

Pembenahan pada baut tersebut ternyata dapat meredam getaran sasis dengan lebih baik. Stabilitas berkendara, ayunan suspensi bahkan respon kemudi pun mengalami peningkatan.

Menurut informasi, upgrade baut dan sasis juga dilakukan Toyota Gazoo Racing pada GR Corolla yang dipasarkan di AS.

Revisi Desain Aerodinamika

Satu hal lagi yang jadi faktor penting pada mobil sport adalah aerodinamika. Lubang ventilasi penyalur aliran udara merupakan salah satu komponen yang berpengaruh.

Ubahan dilakukan oleh Gazoo Racing pada desain air duct alias lubang ventilasi udara yang ada di bumper depan.

Aliran udara dari depan ke arah roda dioptimalkan sebagai pendingin sistem rem. Dengan penyaluran aliran udara yang lebih lancar dari depan ke belakang, hambatan udara pun dapat diminimalisir.

Ubahan desain ventilasi udara tersebut dikatakan sedikit meningkatkan stabilitas kemudi terutama saat tengah bermanuver. Benar atau tidaknya hal tersebut, tentu baru dapat dibuktikan melalui sesi uji berkendara.

Baca juga :  Mini Cooper S 2-Door Siap Dipasarkan Mulai Mei 2024

Di balik bonnet Toyota GR Corolla ternyata tak ada perubahan. Mesin 3-silinder turbo1.6-liter yang diusung masih memuntahkan tenaga sebesar 300 hp dengan torsi maksimum 370 Nm. Tranmisi 6-speed Intelligent Manual Transmission (IMT) masih ditandemkan dengan sistem pengerak AWD GR-Four plus limited-slip differential pada roda depan dan belakang.

Hanya 550 Unit Di Jepang!

Toyota GR Corolla hanya akan dipasarkan sebanyak 550 unit di Jepang. Para calon konsumen tak bisa langsung membeli, namun harus mendaftar hingga 11 September 2023 mendatang. Nantinya seluruh nama akan diundi. Unit kendaraan akan resmi tersedia pada Oktober mendatang.

Meski Anda memiliki uang sebanyak 5,25 juta Yen atau sekitar Rp 546,6 jutaan, belum tentu dapat memiliki Toyota GR Corolla Facelift.

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x