Toyota Siapkan GR Supra GT4 EVO2 Untuk Musim Balap 2025

22 August 2024 | 5:28 pm | Indra Alfarisy

Kalau mau serius ikut balap, atau bikin tim balap, Toyota GR Supra GT4 mungkin bisa dipertimbangkan sebagai ujung tombak. Sejak 2020, mobil ini sukses memenangi balapan kelas GT4, yang berlangsung di 11 negara. Hari ini (22/08/2024) pabrikan Toyota mengumumkan kehadiran GR Supra GT4 EVO2.

Ada embel-embel EVO2 karena ini merupakan penyempurnaan dari Supra GT4 EVO yang muncul di 2023 lalu. Saat itu, ada peningkatan di bagian rem, mesin dan handling. Diklaim membuat mobil lebih mudah dikendalikan, oleh pembalap dengan beragam tingkat kemampuan.

Upgrade untuk Toyota GR Supra GT4 Evo2

Nah, untuk GR Supra GT4 Evo2, Toyota mengatakan telah mendengarkan masukan dari konsumen dan tim balapnya. Mereka lantas meningkatkan performa, daya tahan dan kemampuan keseluruhan mobil ini. Supra GT4 paling baru akan siap digeber mulai musim balap 2025 nanti.

Deretan Peremajaan

Menurut rilis Toyota, perubahan dimulai dari sistem pengereman dengan ABS. Tuning ulang pada peranti ini, berdasarkan masukan pembalap yang turun di sirkuit di Jepang maupun Eropa. Hasilnya, menghasilkan kemampuan pengereman dan manuver yang lebih optimal saat menggunakan berbagai jenis ban balap.

Proses down shifting (turun gigi) juga dikatakan lebih cepat dengan peningkatan kemampuan rev-matching. Didapat melalui mapping ulang software yang mengatur kemampuan tersebut. Hasilnya, proses deselerasi bisa lebih terkontrol. Untuk kemudian menghasilkan akselerasi yang lebih mumpuni.

Baca juga :  Toyota Fortuner 2024 Diperkenalkan Minggu Ini

Tidak berhenti di situ, Toyota juga mengatakan sistem pendinginan mesin, rem dan drivetrain serta kabin telah ditingkatkan. Dengan begitu, Supra GT4 Evo2 tetap bisa diandalkan dalam kondisi yang berat. Contohnya di sirkuit yang temperatur udaranya tinggi.

Namun, mesin tidak berubah. Tetap menggunakan 6-silinder 2.998 cc dengan twin-scroll turbocharger. Sebagai penerus daya, mengandalkan transmisi buatan ZF, lengkap dengan paddle shifter. Tenaganya tidak disebutkan karena bergantung di mana mobil ini diturunkan. Tapi torsinya dikatakan 660 Nm. Itu juga tergantung balap di mana.

Toyota GR Supra GT4 Evo2 akan melakukan debutnya pada Januari 2025 nanti, di balapan IMSA Michelin Pilot Challenge. Bersamaan juga dengan event balap legendaris, 24 Hours of Daytona. Minat? Hubungi Toyota Gazoo Racing Indonesia saja. 

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x