Toyota Tampilkan Duo Konsep Crossover EV Di Auto Shanghai 2023

24 April 2023 | 4:22 pm | Rizky Dermawan

Pameran otomotif Auto Shanghai 2023 yang tengah berlangsung hingga 27 April mendatang bagaikan ruang pamer perkembangan inovasi teknologi otomotif dunia. Berbagai brand otomotif pun turut berpartisipasi dalam event ini, termasuk Toyota.

Pada gelaran kali ini Toyota menampilkan dua konsep mobil listrik terbaru. Keduanya merupakan hasil kerjasama dengan brand lokal asal RRC yakni BYD dan GAC.

bZ FlexSpace dan bZ Sport Crossover Concept

Mobil konsep yang pertama yakni bZ FlexSpace Concept merupakan hasil pengembangan bersama antara Toyota, Guangzhou Automobile Group (GAC), GAC Toyota Motor, dan Toyota Motor Engineering & Manufacturing China (TMEC).

Seperti halnya bZ4X yang telah beredar di pasaran, bZ FlexSpace Concept merupakan crossover bertenaga listrik. Body yang sedikit jangkung dan bongsor dikemas dengan guratan desain yang dinamis dan elegan.

Mobil yang dirancang sebagai kendaraan harian keluarga ini mengusung tema “Cozy Home”. Kurang lebihnya dapat diartikan bahwa Toyota menggambarkan bZ FlexSpace Concept sebagai mobil yang sangat aman dan nyaman bagi keluarga. Senyaman saat sedang berada di rumah…

Mobil konsep kedua yakni bZ Sport Crossover Concept yang dikembangkan BYD Toyota EV Technology (usaha patungan BYD dan Toyota), FAW Toyota Motor, dan Toyota Motor Engineering & Manufacturing China (TMEC).

Desain eksterior mobil ini lebih kekar berotot dengan tarikan garis body yang tegas. Karakter mobil sport sangat kental ditonjolkan pada konsep yang satu ini.

Baca juga :  Lama Dinanti, The New Kia Seltos Melantai di GIIAS 2024

Bentuk body ala liftback atau mungkin lebih pas disebut sebagai sedan jangkung pada mobil ini mirip dengan Toyota Crown SUV. Gaya desain mobil ini memang ditujukan untuk memikat konsumen usia muda yang aktif.

Gambaran desain yang paling mendekati dari mobil ini adalah Prius terbaru dan juga bZ Compact SUV yang baru saja dipamerkan di New York belum lama ini. Tak hanya pada area eksterior, namun juga pada interior.

BYD dan Toyota pun mengimbuhkan tema “Reboot” pada model konsep bZ Sport Crossover. Tema tersebut mengisyaratkan evolusi baru pada model bZ series, baik dari segi desain maupun teknologi yang diusung.

Tak perlu menunggu terlalu lama, bZ Sport Crossover Concept akan segera diproduksi oleh FAW Toyota Motor. Demikian pula halnya dengan bZ FlexSpace yang juga bakal diproduksi di RRC oleh GAC Toyota Motor.

Hanya saja, kedua model crossover EV yang bakal dipasarkan mulai tahun 2024 ini hanya untuk konsumsi pasar domestik di Negeri Tirai Bambu. Seperti apa detail dan spek lengkapnya? Tunggu saja…

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x