Toyota Yaris Facelift Meluncur di Thailand, Kapan Ganti Model?

10 March 2023 | 7:44 am | Indra Alfarisy

Sudah lama tidak melihat Toyota Yaris mendapatkan perubahan. Lawannya malah sudah ganti nama jadi Honda City Hatchback dengan fitur yang lengkap. Tapi di Thailand, Toyota memperkenalkan Yaris hatchback dengan muka baru yang punya perbedaaan desain cukup tegas.

Yaris facelift 2023

Dimulai dari lampu depan LED dengan proyektor yang punya sudut tajam lebih banyak. Kemudian grill jelas terlihat lebih maju dan mengotak, dengan sudut yang mencolok ke lampu. Saluran udara terlihat bertumpuk dipisahkan oleh batang grill tebal. Kiri kanannya ada rumah fog lamp. Pendeknya, muka Yaris baru lebih ramai ketimbang sebelumnya. Dan lebih tegas. Di belakang, yang beda hanya bemper dengan lubang angin palsu di kiri kanan, plus aksen diffuser di bawah.

Yang baru juga adalah tema warna. Cement Gray Metallic, Spicy Scarlet, Platinum White Pearl dan Red Mica Metallic untuk yang mau warna two-tone. Kalau tidak suka mpdel dwiwarna, ada Attitude Black Mica, Metal Stream Metallic, Urban Metal dan Platinum White Pearl.

Interior yaris facelift

Kalau eksterior punya perubahan lumayan, interiornya masih bawaan dari sebelumnya. Yang beda hanya layar monitor besar di tengah dashboard. Itu pun tidak tersedia di semua varian. Setir, bentuk dan tatanan tombol di dashboard masih sama seperti sebelumnya.

Yaris 2023 Thailand

Sebagai Batu Loncatan

Untuk mesin, Yaris di Thailand menggunakan mesin 3NR-FKE 1,2 liter yang menghasilkan tenaga 90 hp dan torsi 109 Nm. Di Indonesia lebih besar karena punya tenaga 105 hp dengan torsi tertinggi 140,2 Nm. Kapasitasnya 1,5 liter.

Baca juga :  Penjualan Toyota 2023 Dan Misteri Mobil Hybrid Baru Tahun Ini

Pertanyaannya adalah, sampai kapan Toyota akan bertahan dengan generasi Yaris ini? Atau mereka sedang menyiapkan yang baru dengan platform DNGA seperti Vios? Kami lebih percaya dengan yang terakhir itu. Paling tidak, versi facelift 2023 ini untuk menjembatani model baru yang sedang dikembangkan. Perkiraan kami, 2025, harusnya hatchback ini akan ganti generasi.

Bagaimanapun, Yaris harus segera ganti model. Kalau tidak mau digerus terus oleh Honda City Hatchback. Saat ini, Toyota Yaris di Indonesia dijual dalam bentuk Yaris GR Sport dengan tiga tingkatan harga. Mulai dari Rp 309.650.000 untuk varian transmisi manual, Rp 321.850.000 untuk Yaris CVT dengan tiga airbag serta Rp 327.250.000 untuk varian tertinggi, Yaris CVT dengan tujuh airbag.

Sumber

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x