VW ID. Buzz Ini Jadi Versi Reborn Kombi Dakota

18 July 2024 | 7:00 am | Ifan Ramadhana

Legenda yang hadir dalam bentuk baru, itulah kesan pertama melihat Volkswagen (VW) ID. Buzz, yang resmi diperkenalkan PT Garuda Mataram Motor (GMM), pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.

“Kami memilih ID. Buzz sebagai produk VW pertama yang memasuki era elektrifikasi,” kata Badawi Marhasan, Head of Sales Volkswagen Indonesia.

Secara desain ID. Buzz terinspirasi dari VW Type 2 (T1) atau yang dikenal dengan julukan Kombi Dakota di Indonesia. Terlihat dari logo VW besar di bagian depan, lalu overhang pendek yang mengingatkan pada VW klasik itu.

Material interior daur ulang

Masuk ke interior, memang dirancang luas seperti ciri khas VW Kombi Dakota terdahulu. Ada jok elektrik di depan, dan jok belakang bisa digeser serta dilipat, sehingga memberi kesan layaknya lounge.

VW ID. Buzz memiliki bagasi dengan volume 1.121 liter, dan jika tidak cukup maka kursi bisa dilipat, hasilnya kapasitas bagasi bertambah hingga 2.205 liter.

Keunikan ID. Buzz adalah interior mobil yang dibuat dari bahan daur ulang. Mulai dari pelapis kursi, karpet mobil, serta pelapis plafon. Kemudian sisanya menggunakan bahan sintetis non-hewani.

Bahan fabric yang digunakan ID. Buzz disusun dari benang Seaqual. Yang mana materialnya terdiri dari 10 persen plastik dari lautan, dan 90 persen dari botol plastik PET daur ulang. Pelapis kursi ArtVelours ‘ECO’ juga berkandungan 71 persen bahan daur ulang.

Baca juga :  McLaren 750S Ada Opsi Custom Personal

Bisa ngebut sampai 160 km/jam

Dashboard mobil terinspirasi dari VW Kombi Dakota dan dilengkapi dengan layar instrument cluster berukuran 5,3 inci yang dipadu layar infotainment berukuran 12 inci. Terdapat fitur wireless charging dan tidak kurang dari delapan soket USB yang tersebar di dalam interior.

ID. Buzz menggunakan platform MEB yang dilengkapi dengan satu motor listrik yang ditempatkan di belakang. Dengan tenaga 207 hp dan torsi 560 Nm, membuat sprint 0-100 km/jam cukup 7,6 detik. Lalu top speed bisa sampai 160 km/jam.

VW ID. Buzz dipadukan dengan baterai lithium ion 79 kWh, hasilnya ID. Buzz mampu melaju hingga 430 km. Fitur fast charging DC 170 kWh yang mampu mengisi daya dari 5 persen menuju 80 persen dalam waktu 30 menit saja. Sedangkan pengisian biasa AC 11 kW, membutuhkan waktu 7 jam 30 menit dari kosong hingga penuh.

VW ID. Buzz segara dirakit di Indonesia, dan dibanderol seharga Rp 1,3 miliar (on the road) untuk varian Normal. Menyusul akan diluncurkan juga varian Long Wheel Base 7 seater.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x