Yamaha Indonesia Dipercaya Rakit Moge Yamaha MT-07

19 September 2023 | 3:52 pm | Indra Alfarisy

Deretan produk Yamaha yang dirakit di Indonesia bertambah lagi. Setelah Nmax, Xmax, R15, R25 dan keluarga MT, kini bertambah satu motor gede (moge). Yang dimaksud adalah Yamaha MT-07, motor dengan kapasitas mesin 700 cc.

Ini pertama kalinya ada motor dengan mesin sebesar itu dirakit di fasilitas PT Yamaha Indonesia Motor Manifacturing (YIMM). Pangsa pasarnya bukan hanya lokal, tapi akan diekspor ke kawasan Eropa.

Ini bukan pertama kalinya motor buatan Yamaha Indonesia melenggang di pasar luar negeri. Nmax dan Xmax sudah lebih dulu melakukan hal tersebut. Menurut Yamaha, ini adalah bukti kalau Yamaha pusat (Yamaha Motor Company, YMC) percaya kepada kualitas yang dihasilkan oleh dua pabrik YIMM di Pulogadung, Jakarta Timur dan Karawang, Jawa Barat.

Perakitan Yamaha MT-07

 

Dan pencapaian ini bukan hal mudah. YIMM sudah bekerja keras memproduksi lebih dari dua juta unit motor untuk pasar ekspor ke Asia, Eropa, Australia, Amerika dan Afrika. Menurut Dyonisius Beti, hadirnya MT-07 rakitan lokal ini adalah hasil dari kegigihan, kerja keras. “Kita boleh bangga ini adalah moge pertama made in Indonesia dan mengukir sejarah baru, ada pabrik motor (di Indonesia) yang memproduksi sampai 700 cc,” ujar Dyonisius.

Selain itu, ada keuntungan yang lebih penting yang didapat. Yaitu trasfer teknologi kepada pekerja di Indonesia. Selain tentu, dengan adanya lini produksi baru, juga membuka lapangan kerja. TIdak kalah penting, MT-07 adalah motor yang populer di Eropa maupun Amerika.

Baca juga :  Seminggu Diluncurkan, Alfa Romeo Milano Ganti Nama Jadi Junior

Mengenal Yamaha MT-07

Yamaha MT-07 adalah motor besar dengan gaya naked bike. Layaknya keluarga MT, dari depan sudah terlihat ciri khasnya, berupa lampu yang bentuknya agresif dan kadang tidak lazim. Informasi berkendara ditampilkan melalui layar TFT 5-inci. Tentunya sudah memiliki kemampuan koneksi dengan handphone. 

Lalu, layaknya motor performa, sasis tubular yang ringan jadi rangka utama. Kalau diperhatikan, meskipun mesinnya besar tapi ukuran keseluruhan terlihat ringkas.

Pada chassis, duduk mesin dua silinder DOHC dengan kapasitas 689 cc. Tenaga yang dihasilkan menyentuh 72 hp pada 8.750 rpm. Torsinya memuncak di angka 67 nm saat putaran mesin berada di 6.500 rpm.

Suspensinya mengandalkan garpu depan model upside down, belakangnya monoshock yang bisa diatur rebound dan preload. Untuk menghentikan laju, disediakan rem cakram 298 mm di depan. Belakangnya 245 mm. Jujur, ini adalah salah satu motor idaman kami. 

5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x