Yamaha YZF-R125 V4.0 Euro-spec Siap Berlaga Di Liga Sportsbike Entry-level Eropa

17 November 2022 | 3:03 pm | Rizky Dermawan

Saat sportsbike Yamaha YZF-R125 pertamakali dipasarkan di Eropa pada tahun 2008 silam, versi mini dari Yamaha R1 ini pun laris manis dan digandrungi para kawula muda dengan dana terbatas. Selama 15 tahun, sportbike entry-level dengan DNA balap ini pun terus berevolusi.

Perkembangan teknologi dan desain yang berkembang pesat membuat pabrikan berlogo Garpu Tala terus melakukan “upgrade dan update”, termasuk pada YZF-R125.

Untuk model 2023, Yamaha menorehkan cukup banyak ubahan pada YZF-R125 V4.0 yang khusus dipasarkan di kawasan Eropa.

Karakter desain tampilan yang diusung Yamaha YZF-R125 V4.0 kali ini mengadopsi cukup banyak elemen dari R7 generasi terbaru. Tampilan body Yamaha YZF-R125 kini terlihat lebih agresif dan ramping. Headlamp LED plus DRL dengan windshield ‘Double Bubble’ diadopsi dari R7. Desain frame deltabox pun mengalami ubahan. Mirip R15? Nyaris…

Desain fairing baru yang seolah menyatu dengan tangki berkapasitas 11 liter kini tampil lebih aerodinamis. Bagian buritan meruncing dengan lampu belakang LED, jok depan-belakang terpisah serta silencer exhaust yang mendongak ke atas membuat tampilannya lebih sporty.

Di balik windshiled terpasang layar instrument semi digital TFT berukuran 5-inci bergaya R7 dengan tema tampilan ‘Street’ dan ‘Track’. Pada tema ‘Street’, layar akan menampilkan speedometer digital pada bagian tengah dengan tachometer model strip. Indikator headlamp, sein dan temperatur juga ditampilkan pada layar.

Baca juga :  Suzuki Indonesia Dukung Komunitas V-Strom Turing Akbar di Yogyakarta

Sementara tampilan pada tema ‘Track’ lebih berkarakter layaknya sebuah motor balap, termasuk catatan waktu putaran balap dengan 25 lap memory plus tachometer model strip di bagian atas layar.

Fitur baru yang disematkan pada YZF-R125 V4.0 yakni sistem komunikasi ponsel Communication Control Unit (CCU). Fitur ini dapat diakses menggunakan aplikasi MyRide dari Yamaha pada ponsel yang terkoneksi ke motor via Bluetooth.

Mesin Baru Yamaha YZF-R125

Mesin 4-tak silinder tunggal 125 cc berteknologi Variable Valve Actuation pada keempat katupnya kini telah berstandar emisi EURO5.

Mesin berpendingin radiator ini menghasilkan output tenaga 14.6 hp pada 10.000 rpm dengan torsi 11.5 Nm pada 8.000 rpm. Berdasarkan klaim Yamaha UK, YZF-R125 teranyar ini mampu mencapai angka 100 km/jam dalam waktu 15,3 detik dengan top speed di kisaran 120 km/jam. Konsumsi BBM rata-rata motor ini diklaim di kisaran 46,9 km/liter.

Perpindahan gigi dari transmisi manual 6-speed kini kian cepat dan responsif berkat teknologi kopling Assist & Slipper Clutch plus fitur quick shifter. Ya, operan gigi YZF-R125 benar-benar terasa bagai versi mini dari R7.

Di sektor suspensi, pada roda depan terpasang garpu up-side down 41mm lansiran KYB dengan posisi travel 130 mm. Sedangkan swing arm belakang yang menggunakan monoshock memiliki jarak main suspensi 114 mm.

Roda depan dan belakang YZF-R125 mengkombinasikan velg alloy 17-inci yang dibalut ban Michelin Pilot Street 100/80-R17 (depan) dan 140/70-R17 (belakang).

Baca juga :  Honda dan IBM Kerjasama Buat Riset Cip Semikonduktor

Untuk sistem pengereman, velg depan menggunakan cakram 292 mm, dan pada velg belakang dilengkapi cakram 220 mm. Lengkap dengan piranti ABS 2 kanal (depan/belakang) dan sistem kontrol traksi pada roda belakang.

Yamaha R125 terbaru ini mulai tersedia di dealer Yamaha pada Februari tahun depan. Diperkirakan label harganya akan berada di kisaran £5.000 atau setara Rp 88,8 juta-an.

 

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x