Zagato AGTZ Twin Tail, Ini Mobil Apa Sih?

10 June 2024 | 12:13 pm | Rizky Dermawan

Mobil buatan Perancis seperti Alpine A110 mungkin tak terlalu populer. Bahkan tampilannya pun bagi sebagian orang dianggap kurang menarik. Namun lain ceritanya dengan supercar Zagato AGTZ Twin Tail.

Mobil ini debut perdana pada event eksklusif Fuori Concorso di Lake Como, Italia beberapa waktu lalu.

Supercar tersebut digarap oleh rumah desain Zagato yang bekerjasama dengan dealer mobil sport dan supercar asal Polandia, La Squadra.

Terinspirasi Dari Mobil balap Alpine A220

Bagi yang penasaran, AGTZ Twin Tail (Alpine GT Zagato) berbasis dari mobil sport Alpine A110. Bodinya yang ceper serta berbuntut panjang mengingatkan pada mobil balap ketahanan 24 jam Le Mans.

Desainnya memang terinspirasi dari mobil balap Alpine A220 yang berlaga di Le Mans pada era 1960an. 

Bahkan AGTZ Twin Tail juga tampil dalam dua versi seperti Alpine A220, yakni Short Tail dan Long Tail. Dua buah sirip aileron tegak di belakang, membuatnya menyandang julukan Twil Tail.

Yang menarik, mobil bisa diubah dari Long Tail ke reguler hanya dalam waktu lima menit. 

Sasis standar bawaan Alpine A110 sedikit dimodifikasi agar bisa ditumpangi bodi hasil garapan Zagato. Seluruh rangka dan panel bodi menggunakan material serat karbon berbobot ringan.

Gaya khas mobil balap Le Mans terlihat jelas pada desain kokpit berkubah. Lampu depan berukuran besar, saluran air intake model baru serta bonnet depan dirancang ulang oleh Zagato. 

Baca juga :  Mitsubishi Luncurkan Dua SUV Elite Edisi Terbatas

Mesin Standar Alpine A110

Pada sasis terpasang mesin 4-silinder 1.8-liter turbo bawaan  Alpine A110. Namun jika konsumen ingin performa lebih, mesin bisa dioprek sehingga output tenaga terdongkrak jadi 300 hp. Gratis pula.

Perpindahan gigi pun tetap menggunakan transmisi automatic 7-speed kopling ganda bawaan Alpine A110.

Hanya ada 19 unit Alpine A110 edisi khusus ini yang akan diproduksi. Harganya mulai dari €650.000 atau kurang lebih sekira Rp 11,4 milyar. Belum termasuk bea pajak dan biaya lainnya.

Unit pesanan akan tersedia mulai Juli 2024 mendatang saat resmi diluncurkan di Italia. 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x