Antisipasi Gosong, Ratusan Porsche Taycan Kena Recall

1 April 2024 | 1:45 pm | Aldi Prihaditama

Porsche melakukan recall terhadap 749 unit Taycan yang diproduksi sepanjang tahun 2021 hingga 2024. Alasannya, ada potensi risiko hubungan arus pendek pada komponen baterai bervoltase tinggi.

Porsche belum lama ini mengidentifikasi data analisis yang menunjukkan risiko tersebut pada unit Taycan, Taycan 4S, dan Taycan 4 Cross Turismo. Adanya hubungan arus pendek pada baterai bervoltase tinggi ini bisa timbul ketika suhu mulai meningkat.

Akar permasalahan dari isu berbahaya ini diduga berasal dari modul baterai voltase tinggi, dan dapat mengakibatkan hubungan arus pendek. Baterai yang digunakan oleh Porsche ini disuplai oleh LG Energy Solutions, dari Polandia.

Di tahun 2021, Porsche menyadari dan mulai waspada, ketika kebakaran baterai voltase tinggi pada Taycan terjadi usai pengguna melakukan charging. Selanjutnya, Porsche beranggapan bahwa potensi kebakaran pada Taycan bisa banyak terjadi di tahun 2023.

Unit Porsche Taycan yang terkena recall ialah yang diproduksi sejak awal hingga awal bulan Maret 2024. Untuk sementara waktu, unit yang terkena recall ini dianjurkan agar charging baterai cukup sampai 80 persen saja.

Selanjutnya Porsche menggunakan modul baterai yang diproduksi dengan kualitas produksi sel yang jauh lebih optimal. Unit yang diproduksi setelah tanggal 4 Maret 2024, tidak perlu mendapat layanan recall ini. Sekedar catatan, tahun lalu Porsche juga pernah melakukan recall terhadap 2.570 unit Taycan di China, terkait isu baterai.

5 1 vote
Article Rating
Baca juga :  Mungkinkah Bakal Ada Mitusbishi XForce Varian Baru?

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x