Audi SQ8 e-tron Model Terbaru Mulai Masuk Di pasar AS

7 August 2023 | 1:00 pm | Rizky Dermawan

Para konsumen pecinta Audi di AS akhirnya bakal kebagian juga versi terbaru mid-size SUV mewah Audi SQ8 e-tron model tahun 2024.Dibandingkan dengan kawasan Eropa, e-tron terbaru ini memang sedikit tertunda masuk ke Amerika Serikat.

Konsumen di Inggris lebih mujur karena sudah dapat melakukan inden sejak Mei lalu. Sementara untuk spek US baru dikirim ke jaringan dealer Audi Amerika pada kwartal keempat tahun ini.

Restrukturisasi nomenklatur produk yang dilakukan pabrikan otomotif asal Ingolstadt, Jerman ini membawa perubahan pada daftar model mobil yang dipasarkan. Tak perlu heran jika SUV penghisap elektron ini merupakan label nama baru dari Audi e-tron S model tahun 2023.

Jika sebelumnya model e-tron S berada dalam jajaran tersendiri khusus mobil listrik e-tron, sekarang bergabung dengan model Q8 lainnya. Lantas, update apa saja yang ada pada Audi SQ8 e-tron model tahun 2024 ini?

Tampil Mewah Luar dan Dalam

Tampilan interior Audi SQ8 e-tron dan varian Sportback dikemas dengan sangat mewah. Jok dengan setting 12 posisi duduk otomatis dibalut dengan kulit Valcona plus imbuhan logo huruf “S”.

Panel interior mengkombinasikan aksen serat karbon dan balutan kulit dengan pola jahitan diamond. Aksen jahitan benangnya pun tampil kontras dengan opsi warna Black, Rotor Gray, dan Arras Red.

Baca juga :  Rawat Baterai Mobil Listrik? Ada Caranya!

Pada kedua varian SQ8 e-tron dilengkapi layar sentuh digital 10.1-inci di bagian atas dashboard. Layar digital ini menjadi penampil sistem infotaintment dan sistem navigasi.

Di bawahnya terpasang layar digital 8.6-inci yang dapat dioperasikan dengan sentuhan maupun gestur tubuh. Layar kecil yang terhubung dengan konsol tengah ini berfungsi sebagai pengaturan fitur kabin dan mode berkendara.

Teknologi kokpit virtual termutakhir Audi beresolusi tinggi full HD pun jadi fitur standar.

Tak hanya dilengkapi sistem sirkulasi iklim kabin dengan empat zona layaknya SUV mewah dari brand kompetitornya. SQ8 e-tron juga sudah dilengkapi panoramic roof yang menjadi fitur standar.

Sebagai sarana pemanja telinga, Audi membekalkan sistem tata suara 3D kelas premium lansiran Bang & Olufsen. Kualitas output suaranya tak perlu diragukan.

Pada tampilan eksterior, SQ8 e-tron menyematkan karakter khas huruf “S” dan aksen aluminium. Fender yang lebar sangat pas dengan pelek standar 20-inci dan pelek alloy opsional berwarna titanium ukuran 22-inci. Kaliper rem warna merah yang mengintip dari sela pelek menguatkan kesan sporty.

Performa Menggigit

Di balik body yang bongsor, Audi SQ8 e-tron dibekali tiga motor elektrik penggerak yang dapat menghasilkan output tenaga 496 hp dan torsi 973 Nm pada mode boost. Performa yang sangat mengigit, bahkan tenaganya 94 hp lebih besar dari model Q8 e-tron.

Baca juga :  Lima Hal Yang Patut Diketahui Soal AION Y Plus

Sistem penggerak AWD quattro khas Audi dipadukan dengan teknologi intelligent torque vectoring sebagai pembagi limpahan torsi ke poros roda depan dan belakang.

Untuk mencapai kecepatan 100 km/jam, Audi menggadang SQ8 e-tron hanya butuh waktu 4,2 detik. Hanya selisih 0,1 detik dari model Audi SQ8 peminum jus T-Rex murni bermesin V8 4.0-liter TFSI yang bertenaga 500 hp.

Sebagai sumber energi listrik, Audi SQ8 e-trron dibekali baterai lithium-ion berpendingin cairan dengan besaran daya 106 kWh.

Jarak jelajah maksimum SQ8 e-tron berdasarkan standar siklus WLTP Eropa berada di kisaran 416-432 km. Namun berdasarkan standar EPA yang berlaku di AS, jarak jelajah maksimumnya hanya sekitar 384 km. Masing-masing kawasan memiliki standar penghitungan yahg berbeda.

Untuk pengisian ulang daya listrik baterai dapat menggunakan fast charger berarus listrik DC dengan daya maksimum hingga 170 kW.

Harga Lebih Terjangkau

Perihal harga jual, jangan kaget saat melihat perbedaan antara kawasan Britania Raya vs AS meskipun speknya sama.

Label harga untuk kawasan Inggris yakni mulai dari £97.500 hingga £117.000 ($123.717 hingga $148.000). Kurang lebih sekitar Rp 1,87 miliar hingga Rp 2,24 miliar.

Di AS, label harganya mulai dari $89.800 atau sekitar Rp 1,36 miliar. Varian teratas yakni SQ8 Sportback e-tron label harganya $92.600 atau setara Rp 1,4 miliar. Seluruhnya harga off the road.

Baca juga :  Chery Tiggo 8, Entry Level Tapi Diklaim Tetap Mumpuni

Selisih yang sangat jomplang. Penyebab utama adalah tingginya angka inflasi membuat harga jual di Inggris dan Eropa menjadi jauh lebih mahal.

Meskipun harga di AS lebih murah dari kawasan Eropa, namun terjadi kenaikan dibandingkan model tahun 2023. Selisihnya sekitar $1.600 atau setara Rp 24 jutaan untuk varian termurah dan lebih mahal $1.800 atau setara Rp 27 jutaan untuk varian Sportback. Kenaikannya tak sampai 5% dan masih terbilang lumrah dengan update konten yang diimbuhkan.

Para konsumen di AS dihadapkan pada dua pilihan. Membeli Audi e-tron S model tahun 2023, Audi SQ8 peminum bensin…atau bersabar menanti SQ8 e-tron model tahun 2024 tersedia di dealer Audi menjelang tutup tahun. Tentunya harga sedikit lebih mahal. Hmm…pilihan yang cukup sulit.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x