Saat BYD sibuk memperkenalkan MPV Denza D9 di IIMS 2025, di Tiongkok, mereka mengumumkan dimulainya masa pre-order SUV Denza N9 pada Jumat (21/02). Inilah SUV mahal dengan interior tiga baris dan akselerasi 0-100 km/jam hanya perlu tiga detik!
Masa pra pemesenan tersebut baru untuk konsumen domestik, dengan rentang harga setara US $62.000 hingga US $76.000. Atau sekitar Rp 1.010 milyar hingga Rp 1,2 milyar. Peluncuran resmi ke hadapan publik akan dilangsungkan pada awal Maret mendatang. N9 PHEV akan jadi yang pertama muncul, diikuti versi BEV setelahnya.
Secara dimensi, Denza N9 memiliki panjang 5.258 mm, dengan lebar 2.030 mm dan tinggi 1.830 mm. Jarak sumbu rodanya (wheelbase) 3.125 mm. Jadi memang bukan SUV kecil. Parasnya terlihat biasa saja namun tetap tampak tegas layaknya sebuah SUV.
Dan karena ini mobil premium fiturnya tidak main-main. Berdiri di atas platform e3 terbaru, dibekali air suspension khas BYD bernama DiSUS, juga punya kemampuan Tank Turn dan crab walk, plus rear wheel steering untuk memudahkan manuver. Sebagai penggerak, platform ini mengakomodir tiga motor listrik yang bisa bergerak secara independen.
Selain itu, N9 dibekali ADAS yang dijuluki ‘God’s Eye’. Nama resminya DiPilot 300 yang isinya beragam dan diklaim presisi dalam membantu pengendara.
Sebagai penggerak, diketahui bahwa Denza N9 versi PHEV akan menggunakan mesin ICE 2,0 liter turbocharged dan tiga motor listrik. Kapasitas baterainya 46,9 kWh. Total tenaga kombinasi dikatakan 912 hp. Varian ini mampu bergerak hingga 200 km, hanya dengan motor listrik. Total jarak tempuhnya 1.300 km berdasarkan pengujian CLTC.
Kemudian untuk N9 EV, juga dibekali tiga motor listrik dengan tenaga kombinasi lebih brutal yaitu 952 hp. Bukan main. Namun belum diketahui berapa jarak tempuh yang bisa diberikan.
Tiga Layar
Di kabin, karena ini Denza, maka tidak perlu kaget dengan isinya. Ada tiga layar di dashboard. Pertama adalah instrument cluster berukuran 13,2 inci. Lalu layar infotainment seukuran 17,3 inci, serta satu layar 13,2 inci tepat di hadapan penumpang depan.
Bukan cuma itu, untuk pengemudi juga diberikan layar monitor menggantikan kaca spion samping. Tersedia juga Heads Up Display (HUD) yang dipantulkan ke kaca depan.
Konsol tengah yang lebar memuat beberapa tombol fisik dan dua wireless charger yang besaran arusnya belum diungkap. Arm rest diantara pengemudi dan penumpang depan juga berfungsi sebagai cool box.
Konfigurasi kursinya dipastikan 2+2+2, jadi bisa menampung enam manusia di dalamnya. Kemudian soal bagasi, diklaim bisa memuat tas golf atau lima koper ukuran 20 inci.
Penumpang baris tengah dimanjakan dengan leg rest, meja lipat dan kursi pijat. Plus satu layar monitor di plafon. Di baris ini juga dibekali satu kulkas pendingin.
Sebuah spesifikasi yang bukan main komplit. Range Rover dan kawan-kawannya patut waspada.
Sumber: Sohu