Fiat 500e Gelateria Edition Andalan Baru Pedagang dan Pecinta Gelato

28 August 2023 | 9:28 am | Rizky Dermawan

Pemberlakuan zona sangat rendah emisi atau Ultra Low Emission Zone (ULEZ) telah merambah ke sejumlah kota di Inggris. Regulasi tersebut berdampak pada mobil food truck dan mobil es krim. Momen ini pun dimanfaatkan dengan cerdas oleh Fiat. Pabrikan Italia ini menyulap mobil listrik Fiat 500e menjadi kedai es krim berjalan. Namanya Fiat 500e “Gelateria Edition”

 

Tukang Es Krim Keliling

Dalam mewujudkan konsep mobil kedai es krim ramah lingkungan, Fiat memanfaatkan 500e convertible. Tak sekadar bebas emisi gas buang. Ukurannya yang kecil membuat mobil dapat dengan mudah melintasi jalan yang relatif sempit serta parkir di tepi jalan maupun seputar taman.

Selain itu, daya baterai yang diusung dapat dimanfaatkan untuk berbagai perangkat listrik seperti kulkas maupun mesin dispenser es krim.

Interior Dirombak Total

Sesuai konsepnya sebagai mobil kedai es krim gelato, maka interior kabin Fiat 500e pun dirombak total.

Agar gelato tetap dingin, di dalam kabin terdapat dua buah freezer yang memanfaatkan daya listrik dari baterai. Masing-masing freezer memiliki kapasitas 30 liter.

 

Baterai berkapasitas daya 42 kWh yang diusung Fiat 500e diklaim cukup untuk mengoperasikan seluruh perangkat listrik kedai es krim. Hanya saja jarak tempuh maksimumnya kini tak lagi bisa mencapai 260 km.

Baca juga :  Indonesia Jadi Basis Rantai Pasok Mobil Listrik GAC Aion Untuk Global

Di dalam kabin pun terdapat baki dan wadah khusus penyimpan cone, gelas dan sendok es krim.

Bangku lipat pun tersimpan rapi di dalam ruang penyimpan khusus. Pembeli es krim dapat duduk santai saat menunggu pesanan atau sembari menikmati es krim. Mobil ini bahkan dilengkapi dengan payung kanopi lipat ala van es krim sungguhan.

Nah, agar semua perabot jualan es krim tersebut dapat dimuat di dalam kabin, jok penumpang pun dicopot. Penjaja yang berdiri menyembul dari sun roof dapat bergerak leluasa saat meracik dan melayani pembeli. Mobil ini bahkan dikatakan dapat melayani 300 pelanggan per hari. 

Eksterior Es Krim

Pewarnaan interior kabin pun dikemas dengan kombinasi warna yang menggugah selera makan. Nuansa warna krem yang membalur dashboard, fender, pintu dan kap bagasi diimbuhi tulisan “Gelateria”.

Agar serasi, tampilan eksterior pun dikemas dengan tematik ala mobil es krim. Sekujur bodi dicat dengan kombinasi two-tone yang memadukan warna biru muda pastel dengan sapuan nuansa warna krem. Bagai perpaduan es krim rasa mint dan moccha.

Kombinasi warna tersebut terinspirasi dari warna kanopi kedai es krim di Italia pada era 50-an. Sebagai sentuhan akhir, tak lengkap rasanya jika mobil kedai es krim tanpa suara sirine dan musik yang khas. Semua orang spontan akan segera menghampiri begitu mendengarnya.

Baca juga :  Hyundai Kona Electric 2024 Bisa Dipesan, Harganya Rp 500 Jutaan

 

Gelato Ala Fiat

Tak hanya memodikasi mobil 500e jadi kedai es krim. Fiat bahkan meracik es krim gelato dengan cita rasa baru, Bicerin. Terinspirasi dari minuman tradisional khas kota Turin. Gelato rasa Bicerin racikan Fiat ini terbuat dari campuran kopi, cokelat dan susu sereal.

Sayang, karena hanya sebatas mobil konsep, maka mobil listrik Fiat 500e “Gelateria Edition” cuma dibuat satu unit saja.

Meskipun demikian, mobil konsep ini merupakan ide pemasaran yang brilian. Terlebih kalau regulasi area dengan pembatasan emisi seperti ULEZ benar-benar diterapkan di seantero Eropa. 

 

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x