Genesis GV60 Disulap Jadi Mobil Rescue Gunung Bersalju

3 February 2025 | 1:30 pm | Rizky Dermawan

Ada hal unik dalam KTT World Economic Forum di Davos, Swiss pekan lalu. Tak hanya jadi mitra penyedia kendaraan mewah bagi anggota delegasi. Genesis memamerkan konsep desain berbasis mobil listrik yakni GV60 Mountain Intervention Vehicle (MIV).

Ini bukan kali pertama mobil konsep buatan brand mobil mewah asal Korea Selatan tersebut tampil pada KTT serupa di Davos, Swiss. Tahun 2024 lalu Genesis memamerkan konsep X Snow Speedium Coupe dengan gaya mobil rekreasi pegunungan salju. Hanya saja gaya tampilan GV60 MIV jauh lebih ekstrem.

Misi SAR Pegunungan Salju

Anda mungkin pernah melihat Porsche 911 Dakar atau Lamborghini Steratto yang berbodi jangkung dan pakai ban all-terrain. Namun tampilan saudara dari mobil listrik Hyundai Ioniq5 ini beda.

Posturnya juga dibuat jangkung ala mobil off-road. Keempat kakinya memanfaatkan wheel tracker. Mirip tank atau mobil salju! Ground clearance yang tinggi membuat baterai di kolong sasis aman dari batu terjal. 

Desain yang ditampilkan memang sesuai namanya, Mountain Intervention Vehicle (Kendaraan Intervensi Pegunungan).

Genesis GV60 MIV ini difungsikan untuk mendukung misi penanggulangan bencana dan penyelamatan (SAR). Pasalnya, operasi SAR seperti di pegunungan Alpen yang tinggi dan bersalju medannya terbilang cukup sulit dijangkau SUV biasa. Perlu mobil berdesain khusus.

Demonstrasi pun dilakukan GV60 MIV di trek pegunungan bersalju di seputar area AMERON Davos Swiss Mountain Resort. Aksi mobil ini menerabas trek bersalju tebal sungguh bikin takjub.

Roof rack pada GV60 MIV jauh lebih kokoh, sehingga bisa membawa aneka ragam perangkat rescue. Di tepi kaca pilar C terdapat rak bagasi mini yang memuat beragam alat perunjang misi SAR, termasuk kotak P3K serta perabot lainnya.

Baca juga :  Versi Facelift Genesis GV60 Bakal Segera Diluncurkan

Di atap juga ada lampu spot LED model light bar ala mobil off-road yang menjangkau area cukup luas. 

Peralatan Rescue

Interior tak banyak perbedaan dari GV60 biasa. Hanya saja di kabin depan dibekali jok sport. Jok baris kedua dilepas untuk menghasilkan ruang bagasi yang lebih lega.

Beragam peralatan seperti tandu hingga tabung oksigen jadi kelengkapan pada mobil ini. Kelebihan dari GV60 sebagai mobil listrik adalah kemampuan V2L (vehicle to load). Alat kejut jantung dan perangkat elektronik seperti radio komunikasi dapat memanfaatkan sumber daya listrik dari baterainya yang cukup besar.

Tak disebutkan apakah ada upgrade atau modifikasi pada motor elektrik penggerak serta baterainya.

Genesis GV60 yang beredar dipasaran saat ini terdiri dari dua versi, RWD dan AWD. Untuk varian AWD dibekali dua motor elektrik beroutput total 483 hp dengan torsi 700 Nm. Dengan fitur Boost Mode, suplemen daya instant akan memberi performa extra untuk sesaat.

Berbekal baterai berkapasitas 77,4 kWh, jarak jelajahnya bisa mencapai sekira 400 km. Cukup untuk perjalanan antar kota jarak sedang.

 

 

 

 

5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x