Honda dan Yamaha Teken Kerjasama Untuk Penjualan Skuter Listrik

9 August 2024 | 6:37 pm | Indra Alfarisy

Honda mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani kerjasama. Isinya, Yamaha akan menjual produk motor listrik berbasis Honda EM1 e: dan Benly e:I. Bukan (belum?) untuk pasar global memang, karena perjanjian ini sebatas penjualan di pasar domestik Jepang.

EM1 e: dan Benly e:I merupakan skuter listrik yang masuk dalam kategori Class 1 di Jepang. Berkaitan dengan sepeda motor listrik, Class 1 adalah skuter elektrik setara dengan skuter atau moped bermesin 50 cc.

Kerjasama kedua raksasa otomotif Jepang ini juga sebetulnya bukan hal baru. Tahun 2016, mereka sudah bersepakat untuk membuat motor kecil. Kemudian tahun 2018, kerjasama itu jadi lebih dalam. Honda menyediakan motor kelas 50 cc untuk dipasarkan oleh Yamaha. Sekaligus kolaborasi untuk mempopulerkan skuter listrik. 

Honda Benly e:I

Dikutip dari rilis resmi Honda Motor Corporation, “Pada bulan April 2019, Honda, Yamaha, Kawasaki Heavy Industries, Ltd., dan Suzuki Motor Corporation mendirikan “Replaceable Battery Consortium for Electric Motorcycles” dengan tujuan mempopulerkan sepeda motor listrik di Jepang. Sebagai salah satu solusi untuk masalah daya jelajah dan waktu pengisian daya, yang merupakan masalah terkait penyebaran sepeda motor listrik, kami telah mempelajari standarisasi baterai yang dapat diganti (swap) dan sistem penggantian baterai untuk penggunaan umum. Dan pada bulan Maret 2021 kami menyetujui standarisasi (spesifikasi umum).”

Baca juga :  BYD Seal 06 GT Segera Dipasarkan Di Eropa Dan Australia

Sebagai bentuk tindak lanjut dari kesepakatan itu, Honda dan Yamaha mengatakan akan terus menyediakan sepeda motor listrik yang memenuhi kebutuhan banyak pelanggan di Jepang. Terutama jenis moped yang digunakan untuk mobilitas pribadi dan bisnis di Jepang.

Selain itu, Honda sendiri akan mengeluarkan EM1 e: dan Benly e: yang didukung oleh Honda Mobile Power Pack e:, baterai yang dapat diganti sesuai spesifikasi yang ditentukan oleh konsorsium tadi.

Honda Battery Pack

Tidak disebutkan kapan motor hasil kolaborasi ini akan hadir. Yang pasti, Honda dan Yamaha mengklaim mereka mengusahakan untuk terus berkontribusi untuk menekan kekhawatiran soal motor listrik. Utamanya soal biaya, jarak tempuh, performa, sampai waktu pengisian baterai. 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x