Honda EM1 e: Motor Listrik AHM Diperkenalkan di GIIAS 2023

12 August 2023 | 12:20 pm | Indra Alfarisy

Astra Honda Motor memperkenalkan produk motor listrik pertama mereka, Honda EM1 e:. Bukan cuma perkenalan, tapi motor ini sudah bisa dipesan di dealer motor Honda di wilayah Jawa dan Bali. Peluncuran motor ringkas ini dilakukan di GIIAS 2023, 11 Agustus 2023 kemarin.

Bentuknya yang compact menjanjikan pengendaraan harian yang lincah, terutama di perkotaan. EM1 e: diklaim memiliki performa yang halus dan responsif macam motor konvensional. Digerakkan oleh motor penggerak dengan tenaga maksimal 1,7 kW. Sebagai sumber energi, digunakan baterai MPP e: yang dapat dilepas-pasang (detachable). Jadi tidak menggunakan baterai fix (tetap).

Motor listrik Honda EM1 e:

Dalam melakukan pengisian daya baterai, konsumen dapat melakukan pengisian daya dengan Honda Power Pack Charger e: dengan waktu pengisian daya 2,7 jam (160 menit) dari 25 sampai 75 persen. Untuk isi dari kosong hingga penuh, perlu 6 jam. Kelamaan? Alternatifnya, konsumen dapat mengunjungi Honda Power Pack Exchanger e: untuk menukar baterai yang telah terisi penuh.

Yang jadi ganjalan adalah, Honda EM1 e: hanya punya kecepatan maksimal 45 km/jam. Dengan jarak maksimal 41,1 km. Sebetulnya ini cukup saja kalau digunakan rumah ke kantor dan sebaliknya. Karena menurut survey, manusia kantoran biasanya berjalan sejauh 36 km per hari, untuk melakukan aktivitas. Tapi ya, jangan berharap lebih karena ini memang skuter untuk jarak dekat.

Baca juga :  Indonesia Jadi Produsen Chassis Truk Listrik Berkonten Lokal

Motor listrik ini juga memiliki tinggi dari permukaan tanah (ground clearance) 135mm. Pengeremannya didukung oleh cakram 190 mm di depan. Belakangnya teromol. Tidak lupa disediakan juga fasilitas Combi Brake seperti motor Honda lainnya. 

Diproduksi di Indonesia

Yang pasti, Honda EM1 e: sudah diproduksi di Indonesia. Soal perakitan lokal ini juga merupakan bagian dari program Honda untuk mewujudkan netralitas karbon. “Motor ini kami persembahkan bagi masyarakat Indonesia yang menantikan sepeda motor listrik berkualitas tinggi yang dapat memberikan keamanan, kenyamanan, dan kesenangan saat mengendarainya. Kami pun melengkapi kehadiran Honda EM1 e: dengan pilihan pengisian baterai yang paling sesuai dengan kebutuhan konsumen,” ujar Susumu Mitsuishi, President Director AHM.

Penggerak listrik menempel di roda belakang.

Sementara itu, Thomas Wijaya, Executive VP AHM menjelaskan, pihaknya juga menyiapkan dukungan ekosistem sepeda listrik Honda dari hulu hingga hilir. Harapannya hal ini dapat mendukung upaya pemerintah dalam mengakselerasi pertumbuhan kendaraan listrik untuk masyarakat sekaligus memajukan industri sepeda motor di Indonesia.

Harga EM1 e: dengan rentang harga Rp 40-45 juta. Penghantaran ke konsumen akan dimulai Desember 2023. 

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x