Sstt…Vespa Elettrica Mejeng di GIIAS 2023

11 August 2023 | 7:14 pm | Rizky Dermawan

Salah satu merek skuter terkuat dan ikonik di Indonesia adalah Vespa. Pengembangan yang dilakukan Vespa pun membuahkan hasil. Di Ajang GIIAS 2023 ini, PT Piaggio Indonesia  resmi memperkenalkan Vespa Elettrica. Vespa ini muncul dengan berbagai keunikan serta mengusung warisan nilai skuter Italia sesungguhnya dalam bentuk kendaraan listrik.

Marco Noto La Diega, Managing Director and Country CEO of PT Piaggio Indonesia, mengatakan, “Vespa Elettrica memang ideal bagi pelanggan yang menghargai perpaduan mobilitas kontemporer ramah lingkungan dengan gaya hidup premium ala Italia.”

Makin Ramah Lingkungan

Vespa Elettrica dirancang untuk berkendara dalam kota dengan kecepatan maksimum yang moderat, sekitar 67 km/jam. Mobilitas ini didukung oleh optimalisasi pada sejumlah komponen, seperti Power Unit, Vehicle Management System, hingga baterai.

Vespa Elettrica ditenagai baterai lithium-ion modern, mirip smartphone kelas atas. Daya jelajahnya sejauh 100 km dalam mode ECO, serta jarak maksimal 70 kilometer dalam mode POWER.

Vespa Elletrica ini disematkan fitur Kinetic Energy Recovery System (KERS) yang membantu efisiensi pengisian daya. Fitur ini memungkinkan pengisian ulang baterai selama fase perlambatan kecepatan saat berkendara.

Selain itu, guna mengisi daya secara optimal, Anda cukup menarik kabel dari kompartemen di bawah jok yang letaknya mirip seperti tutup bahan bakar.

Waktu standar yang dibutuhkan untuk pengisian penuh adalah setidaknya 4 hingga 8 jam (dengan tegangan 220 V dan tergantung pada kondisi sekitar serta suhu baterai saat pengisian).

Baca juga :  Ini Dia Sosok New Mazda EZ-6 Sang Pengganti Mazda6

Sementara Power Unit  Vespa Elettrica mampu memberikan hantaran daya sebesar 3,6 kW dan daya puncak 4 kW, dengan torsi sekitar 200 Nm.

Respon tenaga bisa langsung dirasakan saat berakselerasi, tergantung kebutuhan. Kemampuan ini juga membuat gerak manuvernya terasa gesit dan menyenangkan.

Garansi Tahan Air

Yang menarik, motor dan baterai Vespa Elettrica sepenuhnya bebas perawatan. Baterainya memberikan efisiensi hingga 1.000 siklus pengisian penuh. Bahkan setelah itu, baterai masih mempertahankan 80 persen kapasitasnya dan dapat terus digunakan dengan sempurna.

Baterainya diklaim memenuhi sertifikasi IP65, menjadikannya tahan terhadap debu dan air tekanan rendah. PT Piaggio Indonesia juga memberikan garansi baterai selama 3 tahun. Pengguna tidak perlu melakukan perawatan baterai dan motor penggerak untuk menjaga kondisi kendaraan tetap prima.

Elettrica punya dua pilihan berkendara, yakni mode Power dan ECO. Terdapat juga mode Reverse untuk memudahkan pengendalian mundur saat bermanuver atau parkir.

Motor ini sudah kompatibel dengan sistem VESPA MIA untuk menghubungkan smartphone ke kendaraan melalui Bluetooth. Didukung pula dengan panel instrumen digital dengan layar TFT berwarna ukuran 4,3-inci.

Vespa Elettrica dibekali garansi baterai tiga tahun.

Vespa Elettrica 2023 mengusung livery khusus dalam warna Azzurro Elettrico. Kemudian, dekorasi ‘neck-tie’, tepi velg roda, nama ‘Elettrica’ dan trim jok dengan lapisan abu-abu futuristik pada bodi menambah kesan ikonik kendaraan ini.

Selain jaminan dan garansi, tersedia juga rangkaian aksesori Vespa Genuine khusus, meliputi: Topbox khusus, Helm Vespa Genuine VJ Special Edition Elettrica, dan penutup kendaraan khusus.

Baca juga :  Dongfeng M-Hero 1 Spektakulernya Pendatang Baru SUV Listrik Untuk Eropa

Soal harga, kabarnya vespa berjantung listrik ini ditawarkan dengan harga Rp 182 juta (on-the road). Anda tertarik?

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x