Vespa Elettrica, Ikon Terbaru yang Ramah Lingkungan

9 August 2023 | 8:02 pm | Aldi Prihaditama

Seiring dengan perkembangan zaman, Vespa terus berinovasi untuk tetap menjadi bagian dari gaya hidup premium, fashion dan berbagai tren untuk memperkuat warisannya sebagai kendaraan roda dua ikonik tak lekang oleh waktu. Berangkat dari komitmen tersebut, Vespa Elettrica pun diciptakan melalui warisan nilai Vespa dalam bentuk kendaraan listrik yang ramah lingkungan.

Vespa ini hadir untuk memberikan pengalaman berkendara yang senyap, ramah lingkungan, inovatif, mudah dikendarai, dan juga menyenangkan. Dengan tersedianya Vespa Elettrica di pasaran, PT Piaggio Indonesia kini resmi membawa simbol sesungguhnya atas warisan masa lalu, masa kini dan masa depan di industri otomotif.

Optimalisasi Power Unit

“PT Piaggio Indonesia bangga mempersembahkan Vespa Elettrica, ikon paling modern dari teknologi asal Italia yang selalu hadir konsisten dengan keunggulannya melalui brand dari Piaggio Group. Skuter ini memang ideal bagi pelanggan yang menghargai perpaduan mobilitas kontemporer ramah lingkungan dengan gaya hidup premium ala Italia,” kata Marco Noto La Diega, Managing Director and Country CEO of PT Piaggio Indonesia.

Vespa Elettrica dirancang untuk berkendara dalam kota dengan kecepatan maksimum mencapai 70 km/jam. Mobilitas ini didukung oleh optimalisasi pada Power Unit, Vehicle Management System, dan baterai. Optimalisasi tersebut memungkinkan Vespa Elettrica menjadi solusi mobilitas yang menawarkan performa kendaraan andal dalam berbagai situasi perjalanan di dalam kota.

Baca juga :  Honda e:N1 Beda Platform Dengan HR-V, Bisa Dibeli Tahun Depan

Daya jelajah mencapai 100 km

Vespa Elettrica ditenagai oleh baterai lithium-ion yang modern. Daya jelajah dapat menjangkau hingga 100 km dalam mode Eco, serta jarak maksimal 70 kilometer dalam mode Power, berkat fitur Kinetic Energy Recovery System (KERS) yang membantu efisiensi pengisian daya. Fitur ini juga memungkinkan mengisi ulang baterai selama fase perlambatan kecepatan saat berkendara.

Selain itu, untuk mengisi daya secara optimal, pengguna cukup menarik kabel dari kompartemen di bawah jok dan menyambungkannya ke stop kontak. Waktu standar yang dibutuhkan untuk pengisian penuh adalah setidaknya 4 hingga 8 jam (dengan tegangan 220 V dan tergantung pada kondisi sekitar serta suhu baterai saat pengisian).

Power Unit yang digunakan mampu memberikan daya sebesar 3,6 kW dan daya puncak 4 kW, dengan torsi sekitar 200 Nm. Output ini juga membuat manuvernya terasa gesit dan menyenangkan saat dibawa berkeliling kota. Baterai sepenuhnya bebas perawatan dan memiliki performa sebanyak 1.000 siklus pengisian penuh.

Baterai Vespa Elettrica bahkan telah memenuhi sertifikasi IP65, menjadikannya tahan terhadap debu dan air tekanan rendah. PT Piaggio Indonesia juga memberikan garansi baterai selama 3 tahun. Tanpa melupakan karakter dan ciri khas skuter asal Italia tersebut, Vespa Elettrica memiliki livery khusus dalam warna Azzurro Elettrico. Termasuk dekorasi ‘neck-tie’, bibir velg, tulisan ‘Elettrica’ dan trim jok dengan lapisan beraksen abu-abu.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x