Ini Dia Penampakan Volvo EM90, MPV EV Pertama Volvo

18 October 2023 | 7:54 am | Indra Alfarisy

Volvo akhirnya punya produk MPV. Yang mewah tentunya. 16 Oktober kemarin, bocoran dari China menunjukan bentuknya, meski speisfikasi belum diungkap. Tapi kami yakin, kemampuannya tidak akan jauh dari ‘saudaranya’, Zeekr 009. Inilah Volvo EM90.

Fotonya keluar dari Kementrian Industri, Informasi dan Teknologi China (MIIT), yang berwenang memberikan perizinan di negara itu. EM90 berbagi platform dengan EV Zeekr 009. Kalau belum tahu, Zeekr adalah merek mobil mewah, yang berada di bawah payung usaha Geely. Dan karena Volvo juga sama-sama ada di bawah kendali perusahaan China itu, maka sah saja kalau akhirnya berbagi basis. Kalau diperhatikan, yang berbeda hanya paras dan belakang. Pilar, siluet semua identik.

Komparasi Volvo Zeekr

UPDATE 13/11/2023: Volvo EM90 Resmi Meluncur di China

Muka Volvo EM90 diberikan lampu dengan desain khas Volvo. Grill tertutup dihiasi logo Volvo dengan lubang-lubang kecil. Diperkirakan, lubang ini bisa mengeluarkan pencahayaan. Sementara buritannya, Anda pasti akan langsung paham ini adalah belakangnya Volvo. Lampu tegak di pilar D, emblem bertuliskan Volvo dan bentuk penutup bagasi yang bergaris tegas jadi cirinya.

Motor Elektrik Tunggal

Secuil informasi soal kemampuannya muncul juga di situs MIIT. Antara lain panjangnya mencapai 5.206 mm, lebar 2.024 mm dan tinggi 1.859 mm. Bobotnya sedikit melewati 2,7 ton dan akan punya dua opsi pelek 19 dan 20 inci. Wheelbase yang dimiliki identik dengan Zeekr 009 yaitu 3.205 mm.

Baca juga :  Penjualan Toyota 2023 Dan Misteri Mobil Hybrid Baru Tahun Ini

Volvo EM90 belakang

Sementara spesifikasi motor listrik juga masih sedikit informasinya. Yang pasti Volvo EM90 akan menggunakan motor listrik di as roda belakang yang bertenaga 268 hp. Tapi berkaca pada Zeekr 009, mobil ini punya varian dual motor (AWD) bertenaga 536 hp. Kemampuan akselerasinya agak ‘lebay’ untuk sebuah MPV: 0-100 km/jam dalam 4,5 detik!

Kami yakin EM90 akan punya varian yang serupa. Tentunya dengan tuning yang disesuaikan dengan keperluan Volvo. Soal interior, masih ditutup. Sekali lagi, kalau melihat 009, ada varian tiga baris atau dua baris (empat penumpang) yang mewah. Kita tunggu informasi resmi dari Volvo.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x