Kantongi Lisensi, Mobil Xiaomi Segera Terwujud

24 August 2023 | 12:27 pm | Indra Alfarisy

Perusahaan teknologi Xiaomi akhirnya resmi memiliki status sebagai produsen mobil. Hal ini ditegaskan setelah mereka mendapatkan lisensi dari National Development and Reform Commission (NDRC) di Cina. Langkah awal yang penting karena mulai tahun depan mereka akan mulai membuat mobilnya.

Seperti pernah kami beritakan, Xiaomi mulai memasuki pasar mobil listrik dengan sedan MS11 EV. Tidak main-main, mereka menargetkan 100.000 unit mobil bisa diproduksi. Saat ini, dikutip dari media iFENG, Xiaomi tengah mempercepat proses rekrutmen pegawai pabrik. Hal tersebut juga berkaitan dengan akan mulai dibukanya fasilitas produksi bulan Desember ini.

Xiaomi saat ini sedang menjalani proses pembangunan pabrik yang berlokasi di pinggiran Beijing. Kapasitas produksi yang bisa dilakukan diklaim mencapai 200.000 unit setahun. Setelah selesai, perizinan kedua harus mereka dapatkan dari pemerintah Cina. Khususnya dari kementrian industri dan telekomunikasi setempat. Atau disebut MIIT.

MIIT ini yang akan mengawasi dan memberikan persetujuan untuk aspek teknis operasional pabrik, juga izin untuk mengeluarkan produk baru. NDRC bertugas memperhatikan soal persetujuan kapasitas produksi dan investasi. Rumit juga.

Jarak Tempuh 800 km

Spyshot MS11 by Carnewschina

Berita soal persetujuan dari NDRC itu, kemudian diikuti oleh munculnya spyshot yang diduga merupakan MS11. Sedang dicoba di kondisi cuaca panas di jalan bebas hambatan Urumqi-Changji. Xiaomi juga menerbitkan di media sosial salah satu personel R & D, soal kemampuan konsumsi energi mobil tersebut. Diklaim, MS11 menghabiskan 8,8 KwH/100 km.

Baca juga :  GAC Aion Hyper SSR Bakal Menginvasi Pasar Hypercar Eropa?

Diberitakan sebelumnya, Xiaomi MS11 akan dibekali baterai 101 kWh, yang akan memberikan jarak tempuh hingga 800 km. Ini angka yang menarik sekali. Sistem pengisian ulang mendukung charger DC 800 volt.

Sementara itu, meski Xiaomi berkomitmen untuk membuat mobil sendiri, tapi mereka tetap mendapatkan bantuan dari BAIC Group untuk membuat beberapa bagian eksterior. Mengutip Car News China, diperkirakan, kalau memang jadi meluncur tahun depan, kisaran harga MS11 adalah setara US $36.400 hingga US $49.000.

5 3 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x