Kawasaki Prototype EV, ‘Pemanasan’ Jelang Tahap Produksi

11 October 2022 | 1:20 pm | Rizky Dermawan

Kawasaki tampilkan wujud motor Prototype EV yang makin mendekati kenyataan.

Rencana brand sepeda motor asal Jepang, Kawasaki yang akan meluncurkan 10 model sepeda motor hybrid dan bertenaga listrik pada tahun 2025 mendatang tampaknya makin terwujud. Setelah melakukan demo dan uji jalan di sirkuit Suzuka, Jepang pada  awal Agustus 2022 lalu, kini Kawasaki menghadirkan prototype motor EV mereka pada event INTERMOT di Cologne, Jerman.

Tampilan prototype sepeda motor EV bergaya naked bike street fighter ini identik dengan model Z-series. Headlamp, frame tubular hingga area swing-arm mirip dengan Z-series, namun dalam ukuran yang compact. Unit penggerak yang dikabarkan memiliki tenaga setara 14 HP tak jauh berbeda dari output sepeda motor kelas 125cc. Alih-alih menggunakan belt pulley seperti motor listrik pada umumnya, unit penggerak (motor listrik) terhubung ke poros roda belakang via rantai layaknya Z-series.

Banyak Pertanyaan Soal Kawasaki Prototype EV

Sedikit flashback saat Kawasaki memperkenalkan prototype motor listrik EV Project pada event EICMA di Milan, Italia tahun 2019 lalu. Saat itu, prototype bersasis tubular yang ditampilkan. Mengusung motor listrik penggerak berdaya setara mesin 125cc. Baterainya dapat diisi ulang menggunakan perangkat fast charger DC CHAdeMO.

Dengan perkembangan teknologi baterai dan motor listrik yang begitu pesat dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, maka tak heran jika prototype naked bike EV yang ditampilkan di Suzuka dan INTERMOT saat ini wujudnya benar-benar telah mendekati tahap produksi.

Baca juga :  KIA EV6 Facelift Segera Dipasarkan di Korea Selatan

Apakah versi produksi dari “Ninja EV” akan dibenamkan transmisi direct drive-single speed, atau transmisi jenis lain? Lalu, label nama apakah yang bakal disandang oleh naked bike penyedot elektron ini saat resmi masuk jalur produksi? Ninja EV? Z 125e atau mungkin e-Z125?

Hmm… tentunya masih banyak sederet pertanyaan lain seputar motor ini yang masih menjadi misteri. Bahkan Kawasaki masih akan menampilkan prototype motor listrik (dan juga hybrid) ini pada event EICMA di Milan dalam satu bulan mendatang.

Ya, setidaknya pemanasan yang dilakukan oleh Kawasaki menjelang tahap produksi berhasil menggugah fans The Green Giant perihal sepeda motor listrik (dan juga hybrid) yang akan mereka pasarkan kelak. Tenang…ini baru tahap pemanasan.

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x