Kenalan Sama Toyota bZ4X Yang Akan Segera Meluncur di Indonesia

18 October 2022 | 12:29 pm | Indra Alfarisy

Bukan hanya Innova yang akan hadir di Indonesia, Toyota bZ4X juga masuk daftar antrian.

Menurut kabar yang kami terima, peluncuran mobil baru berikutnya bukan Toyota Innova generasi baru. Toyota Astra Motor akan memperkenalkan dulu mobil listrik Toyota bZ4X di Indonesia, yang waktu itu dipajang di gelaran GIIAS 2022 di BSD, Tangerang. Mobil listrik ini akan meluncur 10 November 2022.

SUV listrik ini diperkenalkan pada 2021 lalu melalui event Auto Shanghai di Cina. Ya, Toyota memilih negara itu untuk peluncurannya karena pasar mobil listrik yang sedang booming di sana. Meskipun saat itu statusnya masih prototype, tapi sudah mendekati bentuk asli untuk dijual. Tidak lama, bZ4X masuk lini produksi untuk pasar Cina dan Jepang.

Di balik kulitnya terpasang platform e-TNGA, dengan panjang 4.690 mm. Ini mirip dengan panjang Toyota RAV4 tapi punya wheelbase 2.850 mm, mirip dengan Toyota Land Cruiser. Jadi kabinnya lega. Kami sempat melihat di GIIAS lalu, dan memang kelegaan ruang kaki bisa diacungi jempol.

Sistem Penggerak

Belum diketahui varian Toyota bZ4X mana yang akan dibawa oleh Toyota Astra Motor untuk pasar Indonesia. Namun SUV ini aslinya tersedia dalam format gerak roda depan (FWD) atau AWD. Kami condong yakin kalau versi FWD yang bakal hadir. Penggeraknya dinamai e-Axle, dimana motor listrik, inverter dan gearbox berada dalam satu barisan di as roda depan. Sistem ini dibangun oleh perusahaan patungan Toyota, Aisin dan Denso bernama BluE NExus.

Baca juga :  Fakta Menarik Zeekr X, Crossover Yang Bakal Masuk Indonesia

Kekuatan yang dihasilkan penggerak bZ4X FWD setara 201 hp. Baterainya 71,4 kWh. Sementara versi AWD memiliki tenaga hingga 215 hp. Dengan baterai berdaya 72,8 kWh. Yang menarik, mode sistem gerak empat rodanya menggunakan X-Mode yang juga terpasang pada Subaru Forester.

Baterainya bisa diisi hingga 80 persen dalam waktu 30 menit dengan fast charging (DC) 150 kW untuk bZ4X gerak roda depan, dan 100 kW untuk bZ4X 100 kw.

Performa Toyota bZ4X

Menurut klaim Toyota, bZ4X FWD memiliki jarak tempuh 510 km. Akselerasi 0-100 kpj diraih dalam 7,5 detik. Lumayan kencang untuk sebuah mobil harian. Namun versi AWD lebih boros dengan jarak tempuh maksimal 460 km. Sprint dari diam hingga 100 km/jam dalam 6,9 detik.

Lalu, berapa harga Toyota bZ4X? Pertanyaan yang bagus. Kita sama-sama tunggu saja.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x