Kia EV9 Diungkap, Pamerkan Desain SUV Yang Lebih Berani

15 March 2023 | 12:10 pm | Indra Alfarisy

Lama dinanti, akhirnya Kia EV9 resmi diperlihatkan. Ingat, diperlihatkan, bukan dijual. EV9 adalah SUV listrik pertama buatan Kia. Bahkan pertama untuk Hyundai-Kia Group.

Berdiri di atas platform E-GMP yang sama dengan Hyundai Ioniq 5, Ioniq 6, Kia EV6 dan Genesis GV60. Yes, platform ini sangat modular hingga bisa dipakai untuk mobil listrik apapun bentukannya.

Kia EV9 SUV

Eksterior

Kia EV9 hadir sebagai SUV tulen yang berpenampilan tegas. Mungkin bagi sebagian orang, desain terlihat terlalu kaku. Tapi inilah Kia modern. Desainnya selalu berani dan kadang keluar dari pakem.

EV9 side view

Tapi, Kalau Anda perhatikan dari samping meski terlihat kaku, desainer Kia dengan cerdas membuat desain yang simetris. Contohnya, garis tegas di bagian atas spakbor depan dan belakang, membentuk garis lurus hingga ke sambungan antara kap mesin dan grill. Bahkan sudut pilar A pun bisa ditarik garis lurus sampai ke spakbor.

Parasnya terlihat bersih tanpa kehadiran grill berlubang. Tapi desain DRL terlihat kompleks dengan menggabungkan beberapa guratan. Desain ini disebut membentuk peta bintang digital (Digital Star Maps). Lampu utamanya tidak kalah unik. Dibekali 12 LED yang disusun bertumpuk. Secara keseluruhan, paras ini masih disebut sebagai Digital Tiger Face.

Kia EV9 Depan

Bagian belakangnya memiliki desain lampu yang juga selaras DRL depan. Hanya saja bentuknya lebih ramping. Sama seperti depan, bagian ini juga terlihat bersih dan minim ornamen.

Baca juga :  Hyundai Ioniq 5 Disney100 Platinum Edition, Cuma Seribu Unit

Interior

Filosofinya agak rumit di bagian ini. Intinya, Kia hanya memasang hal-hal yang memungkinkan untuk munculnya interaksi yang positif dan intuitif di interior. Ini yang sangat diutamakan, supaya desainer Kia bisa memberikan kabin yang lapang.

Kelapangan kabin juga didukung oleh platform E-GMP yang memungkinkan mobil untuk punya lantai rata. Kia EV9 saat mulai dijual 2024 nanti, akan punya opsi tujuh atau enam kursi. Baris kedua bahkan bisa diputar 180 derajat menghadap ke belakang.

Layar digital yang selebar 12,3 inci dari depan pengemudi ke tengah dashboard, diklaim memiliki kemampuan canggih untuk menampilkan audio, visual, navigasi dan telematika. Yang menarik, Kia masih membekali interior dengan tombol fisik untuk pengaturan AC. Tuas transmisi menyatu dengan kolom setir.

Secara keseluruhan, mobil ini menawarkan konsep kabin yang simple, modern dan memiliki kualitas dan nilai ergonomi tinggi.

Sayang, Kia belum mengungkapkan spesifikasi teknisnya. Namun beberapa waktu yang lalu sempat dikatakan kalau EV9 akan memiliki jarak tempuh tidak kurang dari 480 km. Mobil ini akan mulai dipasarkan pada 2024 yang akan datang.

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x