Paris Motor Show 2022: Jeep Avenger EV Diluncurkan

18 October 2022 | 3:23 pm | Indra Alfarisy

Inilah Jeep listrik pertama yang masuk jalur produksi dan jadi andalan di pasar luar Amerika.

Di gelaran Paris Motor Show 2022 yang sedang berlangsung, Jeep menggebrak dengan kejutan berbentuk SUV compact berpenggerak listrik. Namanya Jeep Avenger. Dimensi panjangnya hanya 4.080 mm. Lebih pendek 16 cm dari Jeep Renegade, yang sudah ada di Indonesia.

Jeep Avenger memiliki kemampuan menghasilkan kekuatan hingga 154 hp dengan torsi 260 Nm. Anehnya, produk Jeep yang satu ini hanya berpenggerak roda depan. Tidak 4WD. Tapi tetap dibekali mode off road Selec Terrain yang bisa dimanfaatkan untuk melewati medan berat. Ini pertama kalinya ada Jeep gerak dua roda yang pakai mode tersebut.

Selec Terrain-nya juga lengkap. Bukan yang dikurangi. Ada Normal mode untuk penggunaan harian. Eco untuk irit-iritan, Sport untuk berkendara yang lebih agresif, Snow ini yang pasti bukan untuk melewati batu kali. Ada juga mode Sand yang sepertinya cocok untuk melewati Lautan Pasir Berbisik di Bromo. Terakhir ada Mud, siapa tahu di tengah kota ada medan off road berlumpur dadakan.

Kemampuan Jeep Avenger EV

Kemampuan jelajahnya mencapai 550 km untuk perjalanan di perkotaan. Ini didapat dari baterai 54 kWh yang tersimpan dibawah kursi depan dan belakang. Karena masih bisa dibawa offroad, Jeep memikirkan perlindungan yang seksama untuk sumber energi Avenger. Ground clearance tinggi, didukung oleh skid plate tebal yang diandalkan sebagai proteksi.

Baca juga :  Bedah Kemampuan ADAS di Neta V-II

Pengisian ulangnya juga dikatakan mudah. Menggunakan kabel 100 kWh Mode 4 dan arus DC, pengisian tiga menit bisa memberikan jarak hingga 30 km. Pengisian dari 20 persen hingga 80 persen hanya perlu 24 menit saja. Charging menggunakan arus AC dan kabel 11 kW Mode 3, memerlukan waktu 5,5 jam dari nol hingga 100 persen. Tapi seperti yang selalu dikatakan Om Mobi, tidak mungkin mobil listrik baterainya kosong, kecuali ada yang salah. Antara orangnya yang salah menggunakan atau barangnya rusak.

Jadi, kalau rata-rata orang Jakarta berkelana 30-35 km sehari untuk berkantor dan pulang, baterai Avenger bisa dipakai berhari-hari sebelum harus isi penuh lagi. Sepertinya menjanjikan. 

Jeep Avenger akan dirakit di pabrik grup Stellantis di Tychy, Polandia untuk pasar Eropa, Jepang dan Korea Selatan. Amerika tidak akan kebagian. Pasar Inggris akan mulai menerima mulai pertengahan 2023 nanti. 

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x