Peugeot-DAB Motors Luncurkan Sepeda Motor Listrik Bertema Olimpiade Paris 2024

21 August 2024 | 7:09 pm | Rizky Dermawan

Olimpiade 2024 yang berlangsung di Paris, Perancis menginspirasi DAB Motors untuk meluncurkan sepeda motor listrik edisi khusus. Dengan tema “A la gloire du sport” (Kejayaan Olahraga), model yang ditampilkan pun bertema olahraga.

DAB Motors merupakan perusahaan rintisan yang didirikan oleh Simon Dabadie di Bayonne, Perancis pada tahun 2018. Namun sejak tahun 2023 lalu DAB Motors telah diakusisi Peugeot Motorcycles.

Sepeda motor listrik DAB 1α dibekali motor berdaya 25.5 kW dengan torsi maksimum 395 Nm. Top speed dibatasi hanya 130 km/jam. Dengan daya baterai 7.1 kWh terisi penuh, jarak jelajahnya mencapai 150 km. Cukup untuk aktifitas harian dalam kota.

Ada lima model spesial yang mewakili cabang olahraga berbeda. Basis model yang digunakan adalah sepeda motor listrik DAB 1α. Ini adalah model perdana hasil pengembangan bersama Peugeot Motorcycle dan DAB Motors.

Salam Olahraga!

Kelima model sepeda motor listrik bertema Olimpiade Paris 2024 ini mewakili cabang olahraga yang digemari Simon Dabadie, founder dari DAB Motors.

Desainnya diramu oleh para perancang dan seniman di DAB Custom Studio (DCS), divisi khusus yang melayani permintaan custom.

Ada lima warna yang terinspirasi cincin pada logo Olimpiade dan mewakili cabor berbeda. Biru untuk Surfing, Hijau untuk Tenis, Kuning untuk Bola Basket, Merah untuk Tinju. Skateboarding sebagai cabor baru yang dipertandingkan di Olimpiade Paris 2024 diwakili warna Hitam.

Baca juga :  600 Unit AION Y Plus Siap Menuju Pemiliknya di Indonesia

“Desain tampilan pada masing-masing model punya ciri khas yang sesuai dengan karakter cabang olahraga yang kami pilih,” ungkap pihak DAB Motors. Contohnya, untuk cabor Surfing, sekujur bodi motor listrik DAB 1α dilabur warna Ocean Blue. 

Pada sisi bodi terdapat rak untuk papan surfing. Di bagian depan terdapat rak bagasi untuk tas. Jok dilapisi bahan neoprene yang tahan cuaca.

Nuansa hijau Lime Green terinspirasi dari warna bola dan lapangan tenis. Dilengkapi keranjang untuk membawa bola tenis, dan kotak penyimpan raket tenis. Lalu mewakili tinju. Pada panel bodi bagian samping dihiasi nuansa warna gold yang mencerminkan sabuk juara tinju. 

Lain halnya untuk bola basket yang tampil dengan paduan warna kuning-hitam. Lengkap dengan rak untuk tas olah raga. Grafis tampilan pun identik dengan gaya ‘anak basket’.

Versi terakhir bertema skateboarding. Panel bodi serat karbon dihiasi graffiti yang digarap hand made. Setang ala sepeda BMX, crash pod dan rak papan skate board bikin gaya tampilan makin ciamik.

Harganya lumayan juga ternyata, mulai dari €14.900 atau setara hampir Rp 256 jutaan! Pemesanan terbuka untuk konsumen di luar Prancis dan siap dikirim ke seluruh penjuru dunia.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x