Peugeot e-208 Kini Hadir Dalam Versi GTI! 

19 June 2025 | 4:00 pm | Rizky Dermawan

Setelah hiatus selama enam tahun, Peugeot kembali menghadirkan model terbaru dari varian beremblem “GTI”. Saat diperkenalkan pada ajang balap 24 Hours of Le Mans di Perancis pekan lalu, para awak media pun terhenyak. Yang muncul adalah Peugeot e-208 GTI, versi EV dari hatchback 208.

Tentu saja Peugeot punya pertimbangan khusus mengapa emblem GTI disematkan pada model mobil listrik. Bukan model 208 versi peminum bensin.

Gaya Khas GTI 

Desainnya mungkin berbasis dari mobil listrik Peugeot e-208. Tapi soal gaya, GTI tampilan beda. Karakter sport lebih kental. Gaya ala 208 Rallye dan GTI legendaris 208 GTI 1.9 disematkan pada e-208 GTI.

Agar tampil sporty sekaligus meningkatkan stabilitas berkendara, setting seputar sasis digarap ulang. Suspensi standar diganti versi sport dan ketinggiannya diturunkan sekira 30 mm agar bodi lebih ceper. Pada sasis belakang dipasangi anti-roll bar. Lebar pijakan roda pun dimelarkan sebanyak 56 mm (depan) dan 27 mm (belakang). Setting sistem kemudi pun diracik ulang.

Pelek alloy 18-inci yang menopang bodi GTI pun terinspirasi dari pelek Speedline/SMR khas 205 GTI 1.9. Hanya saja desainnya dikemas dengan gaya yang lebih modern dan futuristik. Pada bagian tengah pelek pun terpampang tulisan “GTI” warna merah, mirip emblem GTI di pilar C bodi 205 GTI 1.9.

Baca juga :  Hyundai Inster Siap Melawan Dominasi Mobil Listrik Cina

Bagian fender pun dimekarkan. Tak cuma agar bodi makin kekar, pelek GTI bertapak lebar pun bisa terpasang dengan pas.

Agar bisa beraksi di jalan raya maupun trek balap, pelek hitam beraksen merah pada e-208 GTI dibalut ban semi sport Michelin Pilot Sport Cup 2. Ya, mobil made in France harus pakai ban produksi brand Perancis!

Warna Merah GTI 

Entah mengapa label “GTI” kerap identik dengan warna merah. Beberapa brand pun menggunakan warna merah. Aksen warna merah khas GTI ini pun menghiasi sejumlah area eksterior e-208 GTI. Mulai dari lis grille dan lampu depan, fender hingga keempat kaliper rem yang menjepit cakram berukuran 355 mm.

Area interior ternyata juga tak luput dari sapuan warna merah. Mulai dari cahaya ambience kokpit dan latar panel instrumen, dan karpet lantai. Jok dan panel dashboard pun diimbuhi aksen jahitan benang warna merah. Bahkan seatbeltnya pun merah.

Khusus untuk desain jok sport model semi bucket memadukan gaya 205 GTI 1.9 dan 208 GTI 1.6. Balutan kulit dihiasi bahan kain bermotif jaring. Nuansa nostalgia GTI retro amat kental pada kokpit e-208 GTI.

GTI Penyedot Setrum

Peugeot 208 dan e-208 menggunakan basis rancang bangun platform yang sama yakni e-CMP lansiran Stellantis. Platform ini juga digunakan Fiat 600 dan Alfa Romeo Junior yang notabene di bawah naungan Stellantis.

Baca juga :  VinFast VF 6, Incar Minat Pasangan Muda

Dari Italia, FIAT punya varian model Abarth 600e Scorpionissima dan ada Alfa Romeo Junior Veloce. Maka kini giliran sang Singa Perancis unjuk taring dengan e-208 GTI.

Mobil listrik berperforma greget tengah jadi trend alternatif di Eropa. Imbas dari makin ketatnya regulasi emisi gas buang Euro yang mencekik mobil berknalpot.

Peugeot e-208 GTI dibekali satu motor elektrik penggerak roda depan (FWD). Outputnya 206 kW (276 hp) dengan torsi 345 Nm. Sama seperti dua saudaranya yang made in Italy.

Jika Alfa dan FIAT Abarth butuh 5,9 detik untuk mencapai angka 100 km/jam, Peugeot e-208 GTI sedikit lebih gesit yakni 5,7 detik. Top speed dipatok pada angka 200 km/jam demi keselamatan berkendara.

Mobil listrik Peugeot e-208 GTI dibekali baterai berkapasitas daya 54 kWh. Cukup untuk menempuh perjalanan hingga 350 km. Pengecasan daya 20-80 persen dengan fast charger DC butuh waktu tak sampai 30 menit! Tak kalah dari mobil listrik buatan brand lainnya. Daya listrik baterainya pun bisa digunakan untuk perangkat eksternal via fitur Vehicle to Load (V2L).

Para fans Peugeot di Eropa terutama Prancis tak perlu menunggu terlalu lama. Paling cepat unit Peugeot e-208 GTI akan tersedia di jaringan dealer Peugeot jelang akhir tahun ini. Meskipun harganya mungkin tak murah yakni kisaran 43.000 Euro atau sekira Rp 807 jutaan, tapi cukup sepadan. Apakah 208 GTI versi peminum bensin akan segera menyusul?

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x