Renault 5 Turbo 3E, EV Retro Siap Gymkhana

26 September 2022 | 2:23 pm | Rizky Dermawan

Renault 5 Turbo 3E, konsep ‘gila’ untuk mengenang kejayaan. Ini mobil yang menakjubkan.

Menyambut 50 tahun lahirnya city car hatchback legendaris Renault 5, pihak pabrikan menggarap sejumlah modifikasi istimewa. Sebagai kelanjutan dari Renault 5 Diamant Concept yang telah diperkenalkan, giliran modifikasi bernuansa balap rally dunia dengan Renault 5 Turbo 3E. Mobil konsep ini coba membawa kembali era kejayaan mobil balap Renault 5 Turbo yang tersohor.

Renault 5 Turbo 3E bagaikan sebuah reinkarnasi Renault 5 Turbo di era elektrifikasi. Tampilan body kekar berotot dan sayap berukuran super besar membuatnya terlihat garang. Body mobil dibalut livery Renault dengan dominasi warna ungu. Oh ya, jangan cari bohlam lampu pada mobil ini, karena seluruh lampu telah menggunakan LED.

Sebagai pengganti mesin konvensional, sepasang motor listrik penggerak terpasang pada masing-masing roda belakang dengan total output tenaga 375 hp dan torsi maksimum 700 Nm. Pasokan daya listrik disuplai dari baterai lithium-ion berdaya 42 kWh.

Pihak pabrikan menggadang Renault 5 Turbo 3E mampu mencapai kecepatan 100 km/jam hanya dalam waktu 3,5 detik. Kecepatan maksimumya menyenggol angka 200 km/jam.

Di balik body retro, terdapat sasis yang diperkuat oleh roll cage pipa tubular dan panel serat karbon sesuai standar FIA. Untuk menopang bobot total yang hanya sekitar 1000 kg, roda depan menggunakan velg 19-inci dengan ban 225/35, dan pada roda belakang tersemat velg 20-inci yang dibalut ban berukuran 325/25.

Baca juga :  IONIQ 5 N Dinobatkan Sebagai World Performance Car 2024

Renault 5 Turbo 3E Siap Gymkhana

Dengan performa yang dimiliki, mobil ini mampu melibas tantangan gymkhana yang melliputi aksi drifting, time trial dan beragam manuver layaknya sebuah mobil rally.

Untuk merekam aksi, terdapat 10 titik dudukan kamera pada interior dan eksterior plus flash LED untuk mendukung aksinya saat malam hari.

Sebagai penunjang kelengkapan interior, kabin mobil ini dibekali sepasang jok bucket serat karbon berikut seat harness serta setir balap sesuai standar FIA yang kesemuanya merupakan buatan SABELT. Tuas rem tangan pun dibuat cukup tinggi untuk memudahkan pedrifter saat melakukan aksi manuver.

Yang mungkin membuat tampilan interior mobil ini terlihat penuh sesak adalah 10 layar digital pada dashbor yang berfungsi sebagai panel instrumen sistem kendaraan mulai dari speedometer hingga indikator daya baterai.

Uniknya, dasbor dan panel pintu mobil ini dilapisi dengan kulit Alcantara serta bonus sebuah maskot berupa boneka beruang yang diberi nama “Drifty”.

Renault 5 Turbo 3E akan tampil pada 25 September lusa dalam event Chantilly Arts & Elegance 2022 di Chatteau du Chantilly, Perancis sebelum dipamerkan pada event Paris Motor Show sekira pertengahan Oktober 2022 mendatang.

Hmm.. semoga bukan hanya menjadi pajangan. Kita nantikan kabar selanjutnya..

Rizky Vox

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x