Teknologi Charger Balap ABB Dukung Perhelatan Formula E Di Indonesia

4 June 2023 | 5:55 pm | Rizky Dermawan

Kejuaraan Dunia ABB-FIA Formula E kembali hadir di Jakarta. ABB pun kembali menjadi Title Sponsor ke-75 pada ajang seri balap pertama dari dua seri balapan yang digelar akhir pekan ini.

Layaknya gelaran perdana Jakarta E-Prix tahun lalu, ABB berkolaborasi dengan PLN dalam menyediakan pasokan listrik. Diklaim dilengkapi dengan tingkat keamanan, efisiensi, dan kenyamanan tertinggi untuk gelaran bergengsi ini.

Seri ini merupakan platform untuk mendemonstrasikan teknologi e-mobilitas terbaru, dengan ABB berperan sebagai Official Charging Partner di musim ini.

Menurut PLN, listrik yang disalurkan ke sirkuit ini bersumber dari sumber daya panas bumi dan PLTA yang ramah lingkungan.

Nah, sakelar tegangan menengah UniSec ABB digunakan untuk mengalihkan beban dari sumber daya primer ke cadangan jika sumber daya utama gagal. Menjaga pengiriman catu daya kritis yang stabil untuk seluruh infrastruktur balapan. Relay otomasi jaringan Relion REC615 ABB menawarkan fungsi perlindungan lanjutan, serta pengoperasian dan kontrol jarak jauh untuk meningkatkan keselamatan.

Karin Lepasoon, Chief Communications and Sustainability Officer, ABB, mengatakan “Ajang balap ini merupakan tonggak bersejarah dalam mendemonstrasikan komitmen kami dalam balapan ke-75 ABB sebagai title sponsor di kota terpadat di Asia Tenggara.”

Menyusul dua seri balapan di Jakarta, gelaran ini akan berlanjut ke Portland, AS, pada 24 Juni mendatang. Secara keseluruhan musim ke 9 ini terdiri dari 16 seri balapan di 11 lokasi global.

Baca juga :  Neta Punya Solusi Buat Calon Konsumen EV

Terdepan Dalam Inovasi

Sebagai pemimpin pasar dalam teknologi charger daya kendaraan listrik, ABB telah menginstalasi sekitar 400 pengisi daya di Indonesia hingga saat ini.

Fasilitas yang dilakukan ABB dengan memasang beberapa wallbox Terra AC di apartemen premium di Selatan Jakarta. Ini adalah apartemen pertama di Indonesia dengan fasilitas pengisian EV. ABB juga mengimplementasi solusi pengisian wallbox Terra DC yang diaktifkan secara digital di salah satu stasiun pengisian daya cepat pertama di Indonesia.

ABB memberikan solusi pengurangan emisi serta dampak lingkungan yang signifikan bagi seluruh wilayah Indonesia secara umum. Salah satu aplikasinya melalui Uninterruptible Power Supply (UPS) PowerWave 33 ABB yang digunakan PLN saat penyelenggaraan KTT G20 di Bali tahun lalu. Begitu juga untuk pabrik Nestlé di Indonesia, dengan memasok sensor pintar ditunjang dengan ABB AbilityTM Condition Monitoring

AGI Jakarta International E-Prix Circuit berdiri dengan latar belakang Teluk Jakarta di wilayah utara ibukota dengan panjang lintasan 2,37 km. Dipenuhi 18 tikungan dan lintasan lurus dan cepat pada garis start/finish. Meskipun cuaca panas, intinya, trek ini menjanjikan balapan yang seru untuk ditonton.

Bersinergi Dengan Mitra Strategis

ABB terus berupaya meningkatkan opsi pengisian daya yang tersedia bagi sektor bisnis dan konsumen di Indonesia. Salah satunya melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara ABB E-mobility dan PLN Icon Plus.

Baca juga :  GAC Aion Hyper SSR Bakal Menginvasi Pasar Hypercar Eropa?

Keduanya siap mendorong pengembangan infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik EV di Indonesia.

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x