Toyota ternyata tak cuma menampilkan satu model mobil listrik bZ yang merupakan versi US-spec dari bZ4X facelift. Ada satu model lainnya yang menyusul yakni Toyota bZ Woodland. Keduanya sama-sama rilisan untuk model tahun 2026. Bedanya, bZ Woodland lebih mirip wagon dengan postur jangkung, tak seperti Toyota bZ (bZ4X) yang muncul lebih dulu.
Nah, saat ditelisik ternyata bZ Woodland adalah versi Toyota dari Subaru Trailseeker. Tak heran jika wujudnya beda dari Toyota bZ yang merupakan kembaran dari Subaru Solterra.
Crossover Wagon?
Dibandingkan bZ, bodi bZ Woodland lebih jangkung sekira 25 mm dan lebih mulur 152 mm. Jarak ground clearance bZ Woodland yang setinggi 211 mm pun nyaris menyamai Toyota RAV4.
Panjang bodi bZ Woodland 4.830 mm. Jarak antar sumbu roda (wheelbase) di angka 2.850 mm terbilang ideal. Volume bagasi belakang bZ/bZ4X normalnya 600 liter. Karena buritan sedikit lebih mulur, maka pada bZ Woodland volumenya mencapai 850 liter.
Pada atap bZ Woodland ada roof rail yang jadi ciri pembeda. Pelek 18-inci yang dibekalkan pun berbalut ban jenis all-terrain sesuai genrenya yakni SUV/crossover.
Jok depan berbalut bahan kain lembut SofTex dilengkapi dengan penghangat. Tak ketinggalan pula sederet fitur penunjang agar perjalanan tetap nyaman, termasuk sepasang wireless charger untuk ponsel.
Sistem audio standarnya dilengkapi 6 buah speaker. Bagi yang ingin fitur extra, tersedia paket opsional Premium. Sistem audio pakai JBL dengan 9 buah speaker. Ditambah lagi dengan atap kaca panoramic agar mobil jadi makin stylish dan menambah kesan romantis.
Performa Lumayan
Nah, sektor performa pun umumnya mobil US-spec agak beda dari versi pasar Eropa, Jepang (JDM) atau pasar global.
Rancang bangun e-TNGA yang digunakan dipadukan dengan sepasang motor elektrik berpenggerak all-wheel drive (AWD). Total outputnya 280 kW (375 hp). Tak banyak hal yang diungkap karena mobilnya memang baru mulai dipasarkan tahun depan. Tapi setidaknya sistem penggerak AWD mobil listrik ini ditunjang fitur Grip-Control dan X-Mode. Aksi melintasi trek off-road bakal jadi lebih sempurna. Oh ya, mobil listrik ini punya kemampuan menarik beban (tow load) hingga bobot 1.588 kg. Cukup kuat menarik mobil citycar hatchback mungil.
Sebagai sumber pasokan saya listrik, bZ Woodland dibekali baterai lithium-ion 74.7 kWh. Jarak jelajahnya dikatakan mencapai 418 km (standar EPA). Jika pakai standar uji WLTP, jarak jelajah dikatakan bisa mencapai 560 km. Nah, terserah mau percaya yang mana.
Sistem pengisian daya sudah pakai soket NACS (North American Charging System) berikut fitur penstabil temperatur baterai pra-kondisi charging serta kemampuan Plug & Charge. Pengisian daya cepat berarus DC dari 10-80% diklaim cuma butuh 30 menit. Tak jauh beda dari mobil listrik sejenis.
Fitur ADAS Sangat Lengkap
Perihal fitur keselamatan berkendara, Toyota membekali bZ Woodland dengan sistem ADAS Toyota Safety Sense 3.0.
Mulai dari Full-Speed Range Dynamic Radar Cruise Control, Lane Tracing Assist (Lane Centering), Pre-Collision System with Pedestrian Detection, Road Sign Assist, Proactive Driving Assist, Automatic High Beams, hingga Lane Departure Alert with Steering Assist jadi fitur standar.
Fitur penunjang keselamatan berkendara yang lainnya yakni Safe Exit Alert, Blind Spot Monitor with Rear Cross-Traffic Alert, serta Panoramic View Monitor with a Multi-Terrain Monitor. Nah, sangat lengkap bukan? Dalam hal regulasi keselamatan berkendara, pasar kawasan Amerika Utara terbilang lebih ketat dari negara lainnya.
Hanya Beredar di AS?
Karena fokus utama mobil ini adalah pasar kawasan Amerika Utara, maka konsumen di Negeri Paman Sam dan Kanada mendapat prioritas. Toyota akan mulai memasarkan mobil listrik bZ Woodland di kedua negara tersebut pada awal tahun 2026.
Untuk versi pasar global tentunya baru akan rilis setelah di AS dan Kanada. Kemungkinan konsumen di Jepang dan Eropa baru bisa menikmati bZ Woodland sekira pertengahan tahun depan. Label namanya pun tentu saja dibedakan, yakni bZ4X Touring.