Toyota bZ4X Akhirnya Meluncur di Indonesia, Ini Harganya!

10 November 2022 | 1:47 pm | Indra Alfarisy

Mendahului Toyota Kijang Innova Zenix, Toyota bZ4X meluncur hari ini (10/11/2022) di Jakarta. Mobil listrik ini dibekali banyak teknologi yang memudahkan sekaligus menjadikannya menarik. Toyota bZ4X dihargai Rp 1,190 milyar (on the road DKI Jakarta) untuk satu varian saja, yakni model front wheel drive (FWD) dengan panoramic roof dan sudah bisa dipesan di dealer Toyota.

Kehadiran mobil ini terasa penting karena inilah jawaban tegas Toyota untuk program elektrifikasi kendaraan di Indonesia. Jujur, Toyota dan Honda sepertinya bergerak lambat dalam hal ‘hijrah’ dari mobil konvensional ke mobil listrik (electric vehicle atau EV). Tapi itu lain cerita…

Performa

Di balik kulitnya terpasang platform e-TNGA yang dikembangkan Toyota bersama Subaru. Sebagai penggerak, terpasang yang namanya e-Axle, sistem yang menggabungkan dinamo listrik, transmisi dan inverter jadi satu kesatuan di roda depan. Menjadikan bZ4X mobil gerak roda depan (FWD). Di pasar luar, tersedia juga versi gerak empat roda.

Daya yang dihasilkan mencapai 150 kW atau setara 204 hp dan 266 Nm. Dengan baterai berkapasitas 71,4 kWh, Toyota bZ4X diklaim mampu menempuh jarak hingga 500-an km. Akselerasi 0-100 km/jam diklaim 7,5 detik. Bicara baterai, sarana penyimpanan daya itu dibuat bersama oleh Toyota dan Panasonic.

Pengisian ulang memerlukan 30 menit saja menggunakan arus DC (fast charging). Dengan catatan, waktu tersebut adalah untuk pengisian dari kosong hingga 80 persen. Dan pastinya, baterai tidak akan pernah kosong, bukan? Konsumen Toyota yang membeli bZ4X akan dibekali dengan dua unit charger. Satu unit yang versi portable dan satu lagi ialah wall charger, jadi bisa diletakkan di rumah konsumen.

Baca juga :  Road to Pecah Volkswagen 2024 Siap Digelar!

Anda tak perlu khawatir dengan kemampuan baterai Toyota bZ4X, karena baterai dilindungi dari berbagai sisi dan dilengkapi cooling system. Bahkan garansi baterainya mencapai 8 tahun atau 160 ribu kilometer.

Desain

Dimensi crossover ini tidak berbeda jauh dari Toyota RAV4. Panjangnya 4.690 mm, lebar 1.860 mm dan tinggi 1.650 mm. Lebih penting, wheelbase-nya 2.850 mm. Sepertinya punya interior dengan ruang yang lega. Bentuk badannya banyak dihiasi lekukan tegas. Belum lagi over fender tebal di sepatbor. Seperti mencoba untuk mengutarakan kalau mobil ini siap menghadapi tantangan dan punya performa dan kemampuan yang mumpuni. Soal itu, harus kami buktikan dulu.

Interiornya terlihat sederhana namun fungsional dan modern. Lebar kabinnya ialah 1.515 mm, sedangkan panjang kabin mencapai 1.940 mm. Untuk tinggi kabin bZ4X adalah 1.450 mm. Segala tombol tertata rapih dan membuat dashboard tampak bersih. Layar monitor besar menjadi hal yang dominan di dashboard. Instrument cluster di depan pengemudi diposisikan jauh di depan lingkar kemudi. Kualitasnya? Layaknya sebuah Toyota. Oya, tak ketinggalan ada fitur Toyota Safety Sense 3.0 yang amat mutakhir.

Lalu, siapa penantang terdekatnya? Di rentang harga tersebut, bZ4X melenggang sendiri. Karena saudara terdekatnya, Lexus UX300e, harganya sudah di atas bZ4X ini. Kami akan bahas lebih lanjut soal Toyota bZ4X, segera!

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x