Toyota Siap Produksi bZ3 EV Untuk Pasar Domestik Cina

25 October 2022 | 11:13 am | Rizky Dermawan

Penuhi janjinya, Toyota perkenalkan lagi mobil keluarga bZ dalam bentuk sedan

Para konsumen di Negeri Tirai Bambu dalam waktu dekat bakal menikmati satu model mobil listrik terbaru Toyota bZ3. Inilah usaha Toyota untuk menjegal kejayaan Tesla Model 3 yang sukses besar. 

Mobil ini merupakan hasil pengembangan bersama antara Toyota Motor Corp. dan perusahaan otomotif asal RRC, BYD. Platform mobil listrik berwujud sedan 5-penumpang ini sama seperti yang digunakan oleh bZ4X yakni platform e-TNGA dari Toyota. Namun dipenuhi oleh komponen yang disediakan oleh mitra lokal. 

Toyota bZ3 akan diproduksi di China bekerjasama dengan mitra manufaktur lokal yakni FAW. Sebagai sumber pasokan daya listrik, bZ3 akan mengusung baterai LFP Blade dari BYD. Selain itu, berdasarkan keterangan resmi dari Kementerian Industri Dan Teknologi Informasi pemerintah RRC (MIIT), bZ3 akan dibekali dengan motor listrik berkode TZ200-XS022 yang dipasok oleh Fudi Power. Ini adalah divisi pembuat penggerak bertenaga listrik dari BYD.

Motor listrik itu menjadi penggerak roda belakang bZ3. Diklaim memiliki output daya di kisaran 135 kW (181 hp) hingga 180 kW (241 hp). Meskipun tak diungkap mengenai jenis transmisi yang akan digunakan, kecepatan maksimum bZ3 diperkirakan berada di kisaran angka 150 km/jam. jarak tempuhnya, berdasarkan standar pengujian CLTC, pihak pabrikan mengklaim mobil ini mampu menjelajah hingga 600 km.

Baca juga :  Honda CR-V Listrik Dengan Teknologi Hidrogen Resmi Diproduksi

Pihak pabrikan memberi garansi usia pakai baterai hingga 10 tahun atau 240.000 km seperti halnya pada Toyota bZ4X.

Dengan dimensi (PxLxT) 4,73 x 1,84 x 1,48 m dan wheelbase 2,88 m, bZ3 sedikit lebih bongsor dari bZ4X. Body mobil ini lebih panjang dari Corolla sedan (4,63 m), dan hanya sedikit lebih pendek dari Camry yang panjangnya 4.89 m.

Perihal harga jual dan kapan mobil ini akan mulai tersedia di jaringan dealer, pihak TMC belum membeberkan informasinya secara detil. Selain itu, belum ada kepastian apakah mobil ini akan diekspor ke pasar global seperti halnya bZ4X atau hanya untuk konsumsi pasar domestik RRC.

Jika Toyota bZ3 bakal merambah pasar global, apakah mobil ini nantinya akan menyandang emblem Toyota atau akan dipasarkan dengan label brand BYD? Kita nantikan saja kemunculan versi produksi dari bZ3 dalam beberapa bulan mendatang.

 

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x