Volvo Siapkan MPV Elektrik Mewah Untuk Jegal Toyota Alphard

3 February 2023 | 8:00 pm | Indra Alfarisy

Ya, Anda tidak salah baca. Volvo sedang mempertajam senjata untuk penetrasi pasar mobil listrik dunia. Saat ini, pabrikan Swedia itu sudah mulai gencar memasarkan mobil-mobil plug-in Hybrid (PHEV) dan EV murni, termasuk di Indonesia. Tapi kejutan terbesar adalah, Volvo sedang mempersiapkan kelahiran MPV mewah berpenggerak listrik.

Hal ini dimungkinkan karena Volvo berada di bawah naungan grup usaha otomotif Geely dari China. Di dalamnya juga ada Zeekr, merek baru yang khusus membuat mobil EV mewah dengan performa luar biasa.

Zeekr 009

MPV Volvo ini nantinya akan berbasis Zeekr 009, minivan mahal yang punya kemampuan teknis hebat. Platformnya memakai Sustainable Experience Architecture 1 (SEA) yang dibuat oleh Geely. Basis ini juga tidak asing untuk Volvo karena dipakai oleh Polestar 3, 5 dan Lotus Eletre. Semuanya adalah EV kencang.

Zeekr 009 sendiri dibekali motor listrik ganda yang terpasang untuk menggerakan roda depan dan belakang. Tenaganya setara 534 hp. Baterai yang dipakai juga berteknologi baru. Disebut sebagai baterai cell to pack, yang mampu menyalurkan energi dengan lebih efisien. Kapasitasnya ada dua opsi, 116 kWh atau 140 kWh. Jarak tempuh maksimal 702 km dan 822 km.

Interior Zeekr 009

Kabin Zeekr 009 sesuai dengan apa yang diharapkan dari sebuah MPV mahal. Kursi berlapis kulit tiga baris dengan format 2-2-2 untuk enam orang. Dashboardnya terlihat bersih dan rapi, dengan layar monitor 15,4 inci jadi yang dominan di bagian ini. Tampilan luarnya bisa Anda lihat sendiri. Tampak futuristis. Kami tidak mendapatkan informasin apakah bentuknya akan seperti ini kalau membawa nama Volvo.

Baca juga :  KIA EV6 Facelift Segera Dipasarkan di Korea Selatan

Kita tunggu saja seperti apa MPV Volvo nanti. Minivan perdana Volvo tersebut akan hadir paling cepat 2026.

Sumber

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x