VW Group Segera Produksi SUV Cupra Tavascan EV di China Untuk Pasar Eropa

11 December 2022 | 8:00 am | Rizky Dermawan

Cupra, salah satu brand otomotif yang berada di bawah naungan Volkswagen Group berencana memproduksi SUV bertenaga listrik di RRC yang nantinya akan dipasarkan di Eropa.

Mobil yang diberi nama Cupra Tavascan tersebut berawal dari sebuah konsep desain yang diperkenalkan di Frankfurt Motor Show 2019. SUV berbody serat karbon dengan tampilan desain semi futuristik dan wajah yang agresif ini memang terlihat begitu memukau.

Rancang bangun mobil ini nantinya akan menggunakan platform MEB dari Volkswagen. Sebagai sumber penggerak, Tavascan bakal dibekali sepasang motor listrik dengan output daya total 302 hp. Sebuah baterai berkapasitas daya 77 kWh akan digunakan sebagai sumber pasokan listrik.

Mobil ini diklaim hanya butuh 6,5 detik untuk mencapai kecepatan100 km/jam. Sementara dengan kapasitas daya baterai penuh, kemampuan jelajahnya diperkirakan mampu mencapai sejauh 450 km berdasarkan standar siklus WLTP.

Secara statistik, performa yang ditawarkan oleh Cupra Tavascan mungkin nyaris sama seperti model ID.4 dan ID.5 GTX lansiran Volkswagen. Akan tetapi Tavascan memiliki tampilan yang jauh lebih atraktif dan memikat.

Cupra akan memproduksi SUV Tavascan di fasilitas manufaktur di Anhui, China yang dioperasikan bersama oleh Cupra dan JAC.

Para petinggi Volkswagen cukup optimis terhadap SUV bertenaga listrik ini. Namun krisis semikonduktor dan software yang saat ini sedikit memperlamban proses produksi kendaraan di jaringan manufaktur Volkswagen membuat Tavascan paling cepat baru akan diproduksi pada tahun 2024 mendatang.

Baca juga :  IONIQ 5 N Dinobatkan Sebagai World Performance Car 2024

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x