Zeekr 009, Minivan Penghisap Elektron Yang Bukan Main

9 December 2022 | 2:00 pm | Rizky Dermawan

Zeekr, sebuah nama yang mungkin terdengar asing di telinga anda. Brand dari grup otomotif Geely ini memang khusus memproduksi mobil listrik mahal yang hanya dijual untuk pasar domestik di China.

Untuk menandingi produk dari brand luar China, Zeekr pun melansir mobil listrik mewah berwujud minivan yang diberi label “009”. Entah mengapa hampir seluruh pabrikan otomotif di RRC acapkali menggunakan kode angka pada model mobil mereka ketimbang memberi label nama.

Platform yang digunakan pada model 009 diadopsi dari mobil listrik Mercedes-Geely Smart #1. Minivan ini hadir dalam dua variant baterai dan daya jelajah. Variant pertama mengusung baterai berkapasitas daya 116.0-kWh dengan daya jelajah hingga 698 km. Sementara variant kedua yang dibekali baterai berdaya 140.0-kWh memiliki daya jelajah lebih jauh yakni 817 km.

Kemampuan Zeekr 009

Sekedar informasi, siklus daya jelajah mobil listrik berdasarkan standar RRC yang digunakan hasilnya acapkali jauh lebih besar (dan sangat optimistis) dibandingkan dengan standar EPA maupun WLTP yang umum dijadikan sebagai acuan baku oleh pabrikan kendaraan listrik global.

Perihal kemampuan pengisian ulang energi listrik, Zeekr mengklaim versi baterai berdaya 116.0-kWh hanya butuh 28 menit untuk mengisi daya dari kapasitas 10% hingga 80% menggunakan perangkat pengisian daya cepat.

Zeekr 009 menggunakan dua unit motor listrik yang menghasilkan sistem penggerak all-wheel drive. Total output daya dari kedua motor listrik tersebut setara 536 hp dengan torsi maksimum 684 Nm. Akselerasi 0-100 km/jam diklaim dapat dicapai dalam waktu 4,5 detik.

Baca juga :  Tesla Cybertruck Debut, Tenaganya 845 HP, EV Range 756 Km

Tak hanya tampilan eksteriornya yang ‘blink blink’ dan terlihat atraktif, area interior mobil ini pun dikemas dengan nuansa ala sebuah lounge mewah.

Seluruh panel interior dan jok pada kabin mobil yang dapat memuat enam penumpang ini dibalut dengan lapisan kulit. Tak hanya kabin depan saja yang dibekali dengan captain’s seat berbentuk fitiristis. Baris kedua pun dibekali model kursi yang sama dan dilengkapi dengan pemijat.

Perangkat multimedia di tengah dasbor mengaplikasikan layar sentuh digital 15.4-inci. Sementara panel instrument dibalik setir menggunakan layar semi digital berukuran 10.25-inci.

Sebagai perangkat hiburan bagi penumpang, pada plafon kabin baris bangku kedua terpasang sebuah layar digital 15.6-inci. Sistem tata suara kabin dimeriahkan 20-speaker dengan surround sound system lansiran Yamaha.

Fitur teknologi canggih lain yang dibekalkan mulai dari voice and face recognition, artificial-intelligence virtual assistant, termasuk 30 fitur berbasis advanced driver-assistance systems (ADAS) yang didukung lusinan kamera pemantau serta puluhan radar penjejak dan sensor pendeteksi.

Perihal harga jual, untuk versi berbaterai 116.0-kWh dijual mulai dari $68.450. Sedangkan  untuk variant dengan baterai berdaya 140.0-kWh dilabeli harga $80.660.

Minivan EV 009 akan mulai tersedia di jaringan dealer Zeekr di seantero China mulai Januari 2023 mendatang.

Meskipun modelnya cukup memikat, namun tipis harapan bagi Anda untuk memiliki mobil listrik ini. Pasalnya Zeekr 009 hanya dibuat untuk konsumsi pasar domestik RRC dan tidak diekspor ke pasar global.

Baca juga :  Lucid Gravity Tampilkan Definisi Baru SUV Mewah EV

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x