Review: GWM Tank 300 Diesel Turbo

14 October 2025 | 7:30 am | Aldi Prihaditama

Sosok GWM Tank 300 Diesel Turbo yang hadir di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 silam, memang sukses menggoda kami. Hanya dalam hitungan bulan, rasa penasaran kami akhirnya terselesaikan. Sebab kami berkesempatan untuk mengeksplor kemampuan Sport Utility Vehicle (SUV) ini, di kawasan Danau Badeur, Cisadon, Bogor.

Dimulai dengan membelah padatnya Jakarta di pagi hari yang super padat kendaraan. GWM Tank 300 Diesel Turbo tidak merasa canggung dengan kondisi lalu lintas yang sibuk. Putaran mesin yang responsif, perpindahan gigi yang sigap, sepertinya menjadi bagian dari formula kendaraan ini.

Minim Vibrasi Mesin Diesel

Masuk ke jalan bebas hambatan, laju SUV ini semakin tenang. Suara dari luar kendaraan mampu direduksi melalui komponen peredaman yang baik. Sedangkan vibrasi dari mesin diesel juga tidak terlalu terasa. Memang, jika ingin lebih optimal, pengguna GWM Tank 300 Diesel Turbo bisa menyematkan peredam kabin lagi, agar semakin senyap.

Posisi duduk commanding, memungkinkan pengendara memiliki visibilitas baik, terutama menuju bagian depan. Penumpang yang berada di jok baris kedua, disuguhkan dengan posisi duduk yang nyaman. Seluruh permukaan jok dibalut dengan material kulit Nappa. Ruang kepala dan kaki juga masih menyisakan jarak, meskipun penumpangnya punya tinggi badan sekitar 175 cm. Ruang bagasi juga oke buat membawa barang bawaan, sebab kapasitasnya mencapai 400 liter.

Tidak Risau Dengan Performa

Masuk ke medan non-aspal, dari kawasan Sentul menuju Cisadon, menjadi titik awal ujian bagi GWM Tank 300 Diesel Turbo. Sebenarnya kami tidak risau dengan performa mesin, transmisi, maupun sistem penggerak empat rodanya. Sebab mesin diesel empat silinder 2.4 liter berkode GW4D24 ini, punya output 184 PS (setara 181 hp) dan torsi 480 Nm. Bahkan luapan torsi sudah dapat dinikmati sejak putaran mesin 1.500 rpm saja.

Baca juga :  Wuling Pajang Belasan Unit Produk Andalan di Mall Central Park

Urusan penyalur daya ialah unit transmisi otomatis 9-speed. GWM percaya bahwa semakin banyak rasio gigi transmisi, maka putaran mesin akan semakin terjaga dengan baik, tanpa harus meraung. Sedangkan penggerak roda menganut sistem part time 4WD, ditambah lagi sejumlah Driving Mode yang dapat dipilih sesuai dengan kondisi jalan.

Dipaksa Pakai Ban H/T

Satu hal yang sempat kami ragu saat mengeksplor mobil ini ialah penggunaan ban Highway Terrain (H/T), untuk melibas medan lumpur maupun bebatuan. Nampaknya GWM ingin mendemonstrasikan kehebatan Tank 300 Diesel Turbo, walaupun tetap menggunakan ban jalan raya. Selain itu, fitur Rock Mode, Mountain Mode, dan Pothole Mode, semakin memperkuat kemampuan adaptif dalam menghadapi berbagai kondisi medan.

Perlahan namun pasti, GWM Tank 300 Diesel Turbo semakin diserap oleh pasar. Sebab terbukti dengan angka penjualan GWM yang meningkat selama beberapa bulan terakhir. Nyaman, pengendalian mantap, dan mudah dikontrol, menjadi beberapa aspek yang diusung oleh SUV ini. Berminat memilikinya? Siapkan dana Rp 598 ribu untuk varian 2WD, dan Rp 658 juta untuk varian 4WD.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x