Di awal tahun 2025 silam, Hyundai New Creta hadir dengan mengusung berbagai penyegaran, termasuk tersedianya varian baru. Tentu saja Hyundai New Creta N Line Turbo menjadi flagship. Namun, kami merasa bahwa masih ada celah yang tetap memiliki potensi besar bagi Hyundai New Creta. Untungnya, celah tersebut tetap dapat diisi oleh New Creta dengan varian Prime.
Hyundai New Creta Prime menjadi varian yang berada langsung di bawah varian N Line. Secara kelengkapan, memang tidak jauh berbeda dengan Hyundai Creta Prime model sebelumnya. Tapi secara fisik, pasti terlihat jelas diferensiasinya. Walaupun grille masih bergaya parametric, namun terlihat ada perbedaan. Lampu DRL terlihat seperti menyatu dengan grill, ketika mobil dimatikan. Sedangkan, lampu DRL tersebut memiliki desain baru yang lebih tegas dan modern.

Garis Lebih Tegas
Desain bumper baru terlihat senada dengan fascia depannya, setidaknya memiliki garis yang lebih tegas. Terutama di bagian bawah. Di belakang, pintu bagasi didesain baru untuk mengakomodir konfigurasi lampu yang juga berubah total. Seperti di depan, lampu kiri dan kanan seolah disatukan oleh garnish yang menyala. Bumper juga turut mendapat sentuhan update.
Secara fisik, hanya sedikit perbedaan dalam dimensi panjang maupun tinggi. New Creta lebih panjang 15 mm, menjadi 4.330 mm. Sedangkan lebar tetap 1.790 mm. Untuk tingginya (dihitung hingga roof rail) naik 5 mm menjadi 1.635 mm. Wheelbase juga tidak berubah, tetap di angka 2.610 mm.

Interior Lebih Fresh
Urusan interior, bisa banyak desain ulang. Bentuk dashboard baru, desain kisi ventilasi udara, panel pengaturan A/C, bentuk jok, hingga deretan tombol di konsol tengah. Yang tidak berubah hanya setir dan tuas transmisi, utamanya di varian Prime ini dan Active. Layar di dashboard terlihat menyatu dengan instrument cluster. Membentuk satu kesatuan display besar tanpa bingkai. Kami merasa, interior yang didesain ulang ini membuat pengemudi dan penumpang merasa lebih nyaman, terutama di perjalanan jauh.
Mobil ini dibekali mesin Smartstream 1.5, serupa dengan Creta model sebelumnya dan Stargazer. Jadi, performanya juga serupa dengan pendahulunya. Transmisi Intelligent Variable Transmission (IVT) menghasilkan performa yang responsif. Untuk penggunaan dalam kota, tidak ada keluhan. Selama pengguna dapat menjaga momentum putaran mesin. Ketika diajak ke jalanan berbukit, performa juga tidak terasa kedodoran. Tapi, raungan mesin cukup terdengar jika pedal gas ditekan secara dalam.

Mode Smart Jadi Favorit
Hyundai New Creta memiliki empat pilihan mode berkendara, yang bisa diatur sesuai preferensi pengemudi. Ada Comfort, Eco, Sport, dan Smart. Mode Comfort sesuai saat berkendara santai di lalu lintas yang cukup ramai. Sebab bisa mengurangi hentakan gas dan memperhalus respons kendaraan. Untuk mode Eco dapat dipakai saat di kondisi lalu lintas padat. Karena bisa menjaga efisiensi bahan bakar, khususnya saat berada kemacetan.
Ketika sedang melahap jalan bebas hambatan atau jalur lintas antar provinsi, bisa pilih mode Sport. Mode ini membuat respons mesin mobil terasa lebih cekatan. Yang terakhir ialah mode favorit kami, yakni Smart. Mode berkendara ini bersifat adaptif, sehingga bisa digunakan di berbagai kondisi jalan.

Hyundai New Creta dilengkapi sederet fitur modern, yang memudahkan pengemudi saat mengendarainya. Sebut saja dari aspek keselamatan berkendara, mobil ini dilengkapi fitur Hill-start Assist Control (HAC) yang mencegah mobil mundur (rollback), ketika melewati jalan menanjak. Lalu, pengguna juga bisa merasakan pengereman yang optimal berkat Electronic Stability Control (ESC), dan Anti-lock Braking System (ABS).
Hyundai New Creta hadir dengan delapan pilihan warna eksterior, termasuk Creamy White Pearl, Creamy White Pearl two-tone, Titan Grey Metallic, Magnetic Silver Metallic, dan Magnetic Silver Metallic. Khusus untuk New Creta Prime ini, Hyundai mematok harga Rp 426,94 juta. Sebagai SUV perkotaan untuk lima penumpang, rasanya mobil ini bisa Anda pertimbangkan.