Review Mobil Bekas: Hyundai Creta Style, Patut Dipertimbangkan

5 May 2023 | 2:12 am | Aldi Prihaditama

PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) merilis produk Sport Utility Vehicle (SUV) Creta pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 silam. Tak hanya itu, SUV ini juga menjadi produk pertama Hyundai yang diproduksi secara lokal. Hyundai memasarkan Creta sebagai crossover SUV berkapasitas lima penumpang dan cocok untuk penggunaan dalam kota. Akhirnya kami tergoda untuk menjajal Hyundai Creta Style.

Hyundai Creta memang mengusung tampilan serba modern, hadir dengan desain yang terkesan stylish dan futuristik. Eksteriornya dilengkapi dengan Parametric Jewel Grille yang menjadi wujud desain Hyundai, yakni Parametric Dynamics. Selain itu, bagian eksterior mobil satu ini juga dilengkapi dengan Parametric Jewel Hidden DRL yang memadukan grille dengan lampu.

Visibilitas berkendara tergolong baik

Desain kaca yang ditampilkan pada bagian depan terkesan sangat luas sehingga visibilitas pengendara pun amat baik. Pusat gravitasi dari mobil ini cukup rendah sehingga membuat tampilannya terlihat lebih lebar dan menghasilkan kestabilan berkendara. Bagian sampingnya terlihat atraktif berkat velg dan pinggiran atap beraksen two tone. Sektor buritan dihiasi oleh lampu belakang unik yang disebut Boomerang type rear light.

Melalui konsep ‘Sensuous Sportiness’, Hyundai Creta memiliki desain interior yang unik. Kemudian, di bagian setirnya juga terkesan sporty menggunakan desain D-cut. Pada beberapa bagian interior masih menggunakan material plastik yang kurang elegan. Meski begitu, SUV ini mempunyai beberapa fitur yang jarang ditemui rivalnya. Terutama penggunaan teknologi konektivitas Hyundai Blue Link yang menunjukkan kondisi maupun lokasi mobil, termasuk bantuan di jalan melalui Road Side Assistance.

Baca juga :  Alva Gaet Otoklix, Perkokoh Layanan After Sales di Jabodetabek

Sarat fitur modern

Fitur utama lainnya termasuk ventilated seat, speedometer digital, head unit dengan Android Auto dan Apple CarPlay, wireless charging, ambient lighting, serta sistem audio premium buatan BOSE. SUV ini sudah dilengkapi ABS, EBD, Hill Start Assist, Electronic Stability Control, kamera mundur, 6 airbags dan peranti keselamatan canggih Hyundai SmartSense.

Fitur keselamatan terakhir mencakup Lane Keep Assist, Collision Mitigation Braking System, Blind Spot Monitoring, serta Rear Cross Traffic Alert. Fitur kepraktisan lain yang mendukung keselamatan berkendara ialah Tire Pressure Monitoring System dan amat berguna untuk menginformasikan tekanan ban kendaraan secara real-time.

Tak ragu manuver di jalan sempit

Hyundai Creta Style punya dimensi panjang 4.315 mm, lebar 1.790 mm, tinggi 1.630 mm, dan wheelbase sebesar 2.610 mm. Radius putar yang sebesar 5,4 meter, cukup mendukung digunakan untuk bermanuver di jalanan yang sempit. Suspensi depan menganut MacPherson Strut dan Torsion Beam di bagian belakang. Perpaduan ini terbukti menghasilkan pengendalian yang cukup stabil dan nyaman selama berkendara.

Sedangkan sistem pengereman menggunakan tipe rem ventilated disc brake di roda depan dan belakangnya. Sistem pengereman ini dilengkapi dengan fitur elektris untuk pengoperasian rem parkir. Untuk velg ukuran 17 inci dibalut dengan ban Kumho Solus HS63 215/60 R17.

Value for Money

Hyundai Creta menggunakan mesin Smartstream G1.5 MPi (G4FL) 1.5 liter dengan tenaga 114 hp dan torsi puncak 144 Nm. Mesin ini didukung oleh empat mode berkendara yang meliputi Eco, Normal, Sport, dan Smart. Seluruh tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 6-speed maupun transmisi Intelligent Variable Transmission (IVT). Pada Creta Style yang kami gunakan, hanya tersedia varian transmisi IVT saja.

Baca juga :  Hiro Oto, Toko Aksesori dan Audio Mobil Pertama di PIK 2

Dengan segala fitur yang diusung, Hyundai Creta Style sepertinya menawarkan aspek ‘value for money’ yang baik di segmen SUV Tanah Air. Walaupun harganya memang terpaut lumayan jauh dengan varian Prime yang dilengkapi panoramic sunroof, namun varian Style ini patut ditimbangkan bagi Anda yang membutuhkan kendaraan crossover untuk menunjang aktivitas.

Rival terdekat Hyundai Creta ini ialah ‘saudaranya’ sendiri yaitu Kia Seltos dan tentunya Honda HR-V. Sudah lebih dari satu tahun setelah debut perdananya, Hyundai Creta kini pun sudah cukup banyak dijual di pasar mobil bekas. Harganya di kisaran Rp 300 jutaan. Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk mencari unitnya di bursa mobil bekas, terutama di kota-kota besar.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x